Melahirkan Tanpa Sakit, Jadi Pilihan

Januari 4, 2013 oleh : BHP UMY

Rasa sakit saat melahirkan menjadi momok tersendiri bagi ibu hamil. Banyak jalan yang dilakukan agar rasa sakit yang ditimbulkan saat persalinan hilang. Saat ini ada metode baru yang bisa menjadi alternatif para ibu hamil untuk melahirkan tanpa rasa sakit. Metode ini dinamakan Lumbar Epidural Analgesia (LEA).

Demikian disampaikan oleh dr. Ardi Pramono Sp.An., M.Kes Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) saat ditemui di kantor Biro Humas dan Protokol (BHP) UMY pada Sabtu (29/12).

Ardi menjelaskan LEA merupakan metode yang berbeda dengan Hypnobirthing. “ Berbeda dengan Hypnobirthing  atau sering dikenal dengan hipnotis ini lebih menekankan kepada emosi sang ibu, LEA merupakan cara yang lebih akurat untuk memastikan tidak akan merasakan rasa sakit saat melahirkan,” jelasnya.

LEA merupakan jenis anastesi lokal yang diberikan pada otot-otot melahirkan sehingga tidak akan  menimbulkan rasa nyeri saat melahirkan. “LEA akan dipasang diantara ruas tulang belakang pada saat ibu sudah merasakan rasa nyeri di awal proses kelahiran,” lanjut Dokter spesialis anastesi.

Dalam kesempatan ini Ardi memaparkan bahwa LEA tidak akan memberikan efek samping pada sang bayi. “ LEA akan membuat proses persalinan menjadi efektif dan efisien karena ibu akan menjadi lebih rileks dan otot-otot persalinan yang tadinya nyeri pun sudah tidak lagi dirasakan. Selain itu tidak akan memberikan pengaruh buruk terhadap bayi setelah dilahirkan,” paparnya.

Dekan FKIK UMY ini juga menegaskan bahwa melahirkan dengan menggunakan LEA juga harus sesuai dengan pengawasan dokter spesialis anastesi. “Walaupun tidak menimbulkan efek samping pada si bayi, namun kesehatan ibu juga harus diperhatikan. Sehingga penggunaan LEA harus didampingi oleh dokter spesialis kandungan dan juga spesialis anastesi dari awal proses persalinan sampai selesai,” tegasnya.

Saat ini lanjut Ardi, LEA sudah mulai diminati oleh para calon ibu yang akan melahirkan. “Kami pun sudah melakukan beberapa sosialisasi tentang metode baru ini, agar ibu bisa melahirkan tanpa cesar dan juga tidak menimbulkan rasa sakit lagi,”