Mahasiswa UMY Lestarikan Permainan Tradisional Melalui Sematras

Juni 19, 2019 oleh : BHP UMY

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang terdiri dari Waffa Fauziah (Ilmu Ekonomi 2016), Ade Try Suistyo (Ilmu Ekonomi 2016) dan Annisa Ul Fauziah (Ilmu Ekonomi 2017) bersama 2 rekannya Ujang Nurdin (Akuntansi 2017) dan Alfiyani Aisyah (Ilmu komunikasi 2016) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelestarian permainan tradisional melalui SEMATRAS (Sekolah Permainan Tradisional) melalui dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian masyarakat (PKM-M) Kemristekdikti 2019.

Sematras adalah sekolah permainan tradisional yang salah satu tujuannya untuk mengenalkan kembali permainan tradisional yang mulai terlupakan oleh masyarakat terutama anak-anak, sekaligus untuk mengurangi permainan gadget pada anak. Kegiatan ini berlokasi di Dusun Rogoyudan RW 12 Kabupaten Sleman Yogyakarta, yang dilakukan satu minggu sekali setiap minggu sore dan diikuti oleh anak usia 6 sampai 12 tahun.

Sementara itu Kepala Dusun Rogoyudan RW 12 yang telah meresmikan kegiatan Sematras pada 21 April 2019 lalu, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya anak-anak di jaman sekarang tak sedikit yang telah melupakan permainan tradisional dan tidak lagi memainkan permainan tradisional.

“Dengan adanya kegiatan Sematras ini, saya berharap anak-anak di Dusun Rogoyudan dapat kembali memainkan permainan tradisional serta dapat megurangi penggunaan gadget. Selain itu saya juga berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara terus menerus tidak hanya berlangsung selama satu atau dua bulan saja,” papar Kepala Dusun Rogoyudan RW 12.

Adapun metode yang digunakan untuk mengenalkan permainan tradisional dengan belajar sambil bermain yang diselingi dengan bercerita mengenai sejarah dan cara pembuatan permainan tersebut, yang dilangsungkan kurang lebih dua bulan dengan tujuh kali pertemuan. Tujuannya agar anak-anak dapat mengetahui sejarah dan mempraktikkan langsung permainan yang telah dibuat secara bersama-sama.

Setelah kegiatan Sematras di Dusun Rugoyudan RW 12 selesai menurut Annisa Ul Fauziah mengatakan masih ada tahap selanjutnya yaitu diseminasi atau kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target/individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.

“Kami telah bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, untuk melaksanakan kegiatan pameran potensi daerah Sleman yang bertempat di Lapangan Denggung. Dan akan digelar pada tanggal 6-15 Juli 2019. Diharapkan pula dengan kegiatan Sematras ini masyarakat luas dapat mengenal dan memainkan kembali permainan tradisional terutama anak-anak,” ungkap Annisa. (Hbb)