Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY Raih Prestasi Di Ajang Pertamina Lubricants WOW Case Competition 2019

Agustus 26, 2019 oleh : BHP UMY

Kembali mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menorehkan prestasi, kali ini di ajang Pertamina Lubricants WOW Case Competition 2019 Yogyakarta Region, yang merupakan rangkaian acara dari Indonesia Marketeers Festival 2019 pada tanggal 14-15 Agustus 2019 di Convention Hall UIN dan Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Tiga mahasiswa dari jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2017 Dafin, Attabilah, dan Ersa sukses menyabet juara ketiga dalam ajang yang diselenggarakan oleh MarkPlus.Inc tersebut.

Pertamina Lubricants WOW Case Competition merupakan salah satu kompetisi terbesar untuk mahasiswa di bidang pemasaran yang diselenggakan oleh MarkPlus.Inc. Tujuan dari kompetisi itu adalah para peserta dapat memberikan ide dan gagasan menarik tentang strategi pemasaran kepada produk dari Pertamina Lubricants yang banyak orang tidak tahu.

Dalam kompetisi ini ketiga mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY menuangkan ide berupa pembuatan aplikasi agar meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa Pertamina Lubricants memiliki produk oli. “Kami mencoba meningkatkan awareness masyarakat tentang adanya produk tersebut. Strategi yang kami konsepkan adalah pembuatan aplikasi Dr. Lube dengan targetnya adalah mahasiswa yang suka melakukan traveling,” ujar Dafin ditemui di Kampus Terpadu UMY, Senin (26/9).

Dafin beralasan mahasiswa Yogyakarta kerap melakukan perjalanan jauh atau traveling menggunakan sepeda motor jadi semakin sering motor tersebut dipakai, maka, odometer (penunjuk kilometer pada motor/mobil) akan lebih cepat mencapai batas angka yang mengharuskan untuk ganti oli, dengan begitu semakin sering juga mahasiswa tersebut untuk mengganti oli. “Jika oli sering diganti, maka motor yang digunakan juga akan semakin nyaman untuk dikendarai, sehingga target konsumen akan semakin menyukai produk oli Pertamina.”

Pada jalannya kompetisi yakni presentasi proposal terbagi menjadi 2 babak. Pertama ada babak penyisihan, para peserta harus mengumpulkan pitch deck atas kasus yang telah diberikan berisi rekomendasi dengan diharapkan mampu menjawab permasalahan yang ada. Dari seluruh jawaban yang diterima, 8 tim terbaik dipilih dan diundang untuk melakukan presentasi di hadapan dewan juri yang terdiri dari 2 praktisi yang berasal dari Pertamina dan MarkPlus, Inc. Tim dari Ilmu Komunikasi UMY yang diberi nama ‘FantasThree’ diumumkan sebagai juara ketiga Pertamina Lubricants WOW Case Competition 2019 Yogyakarta Region. (Hbb)