Magister Keperawatan Adakan Praktik Klinik Luar Negeri Angkatan 9

September 27, 2019 oleh : BHP UMY

Sebanyak 41 mahasiswa Program Studi Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan praktik klinik yang tersebar di 4 negara dan 5 Universitas, diantaranya Khon Kaen University Thailand, Guang Xi Medical University China, Asia University dan Changhua Christian Hospital Taiwan, serta International Islamic University Malaysia. Program praktik klinik luar negeri mahasiswa Magister Keperawatan ini merupakan program tahunan dan pada tahun ini sudah ke- 9 kalinya program ini dilaksanakan.

Dilansir saat pelepasan praktik klinik luar negeri mahasiswa Magister Keperawatan pada hari Rabu (25/8) yang diresmikan oleh Dr.Ir.Gunawan Budiyanto,M.P., Rektor UMY menyatakan bahwa pentingnya di dalam dunia kesehatan adalah melakukan pelayanan yang baik. Rektor juga mengaprepsiasi kepada mahasiswa untuk ikut dalam program ini dan diharapkan mahasiswa dapat membuka cakrawala tentang kemajuan ilmu khususnya di bidang keperawatan. ”Program ini merupakan program rutin yang diadakan Magister Keperawatan setiap tahunnya. Membahas dunia kesehatan, pentingnya menawarkan pelayanan yang baik dilengkapi dengan kemampuan dan tindakan atau medical treatment sehingga pelayanan menjadi sangat penting dalam rumah sakit. Dengan adanya program ini mahasiswa juga dapat membuka cakrawala tentang kemajuan ilmu, ternyata pelayanan juga ada ilmunya dan keperawatan pasti ilmunya berkembang terus,” paparnya.

Hal senada dikatakan oleh Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D selaku Kepala Program studi Magister Keperawatan dalam sambutannya yang menyampaikan bahwa adanya program yang diadakan setiap tahunnya ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dan lebih memahami tentang sistem kesehatan dan juga metode pembelajaran dari universitas lain. ”Program ini diadakan setiap tahunnya dan sudah mencapai angkatan ke-9. Dengan adanya program ini kami berharap mahasiswa dapat belajar dan lebih paham tentang sistem kesehatan yang tidak diajarkan di UMY dan lebih diajarkan di universitas yang nantinya mahasiswa akan dikirimkan berdasarkan universitas dan negara yang dituju,” jelasnya.

Fitri menambahkan adanya program ini merupakan bagian dari merealisasikan visi dan misi UMY terkait internasionalisasi program. Kemudian diharapkan mahasiswa yang mengikuti program ini bisa mendapatkan ilmu dan kesempatan yang baru, serta selepas kembali dari praktik klinik dapat memberikan kemajuan kepada institusi dan prodi. (sofia)