Kunjungi Bangkok, UMY Perkuat Kerja Sama Dengan 3 Institusi Pendidikan Tinggi

Juli 1, 2019 oleh : BHP UMY


Sebagai sebuah perguruan tinggi yang unggul, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki beragam bidang studi untuk mengenyam pendidikan ke jenjang selanjutnya. UMY juga memiliki program beasiswa yang ditawarkan pada calon mahasiswa, baik domestik maupun internasional. Untuk melakukan diseminasi informasi mengenai beasiswa untuk studi ke UMY, Direktur Kantor Hubungan Internasional, Yordan Gunawan dan Direktur Administrasi Kerjasama, Farindira Vesti Rahmasari, melakukan kunjungan ke berbagai institusi pendidikan di Bangkok. Visitasi tersebut dilakukan selama 2 hari, hari Kamis (27/6) hingga Jumat (28/6) dengan destinasi Thammasat University (TU), National Institute Development and Administrative (NIDA) dan Mahidol University (MU).

Pada hari petama, rombongan bertolak ke TU dan disambut langsung oleh Asisten Wakil Rektor untuk Hubungan Internasional dan staf. “TU memiliki minat yang cukup besar pada beasiswa yang kita tawarkan dan mereka menyampaikan akan menyebarkannya informasi tersebut ke fakultas terkait. TU juga menyebutkan bahwa mereka akan menjajaki kerjasama untuk beberapa fakultas lain dengan UMY,” ujar Yordan.

Selanjutnya pada kunjungan ke NIDA rombongan UMY disambut oleh Presiden NIDA , Prof. Dr. Kamphol Panyagometh, bersama dengan; Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Nada Chunsom; Dekan Sekolah Pascasarjana Administrasi Publik, Assoc. Boon-anan Phinaitrup; dan Wakil Dekan Bidang Akademik, Awae Masae, Ph.D. “Dalam kesempatan tersebut, NIDA menyebutkan bahwa mereka berminat untuk mengadakan skema Double-Degree dengan Magister Ilmu Pemerintahan UMY. Selain itu kami juga membahas pertukaran mahasiswa untuk jenjang Magister, Kolaborasi Penelitian, dan juga Joint Degree. Selain itu UMY dan NIDA juga menyepakati kerjasama dalam kegiatan akademik lain seperti Visiting Professor bidang Ilmu Pemerintahan, Manajemen Bencana, dan Ekonomi Islam dan skema Visiting Fellow. NIDA juga menyampaikan agar UMY dapat bergabung dalam kegiatan Summer Camp yang akan diadakan tahun depan,” jelas Yordan.

Kemudian pada hari kedua, rombongan melanjutkan kegiatan dengan berkunjung ke MU dan disambut oleh Direktur Divisi Hubungan Internasional, Wanpimon Senapadpakorn. “UMY mencapai kesepakatan dengan MU dengan bekerja sama dalam skema Pertukaran Mahasiswa, Pertukaran Staf, dan Joint Research. UMY juga mendapatkan tawaran bebas biaya bagi mahasiswa UMY yang masuk dalam program Sawadee Thailand Summer Course yang akan mengangkat tema “Budaya dan Industri Makanan”. UMY dan MU memiliki visi serta misi yang sama, yaitu mengembangkan pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan umat manusia, karenanya MU sangat antusias dalam kesempatan kerja sama dengan UMY dalam mewujudkan visi dan misi tersebut,” papar Yordan.