KKN UMY Dorong Promosi Wisata Dusun Lopati Melalui Sosial Media

Januari 24, 2020 oleh : BHP UMY

Dusun Lopati merupakan salah satu dusun di desa Trimurti yang memiliki potensi wisata menjanjikan. Jika warga memaksimalkan potensi desa yang ada tersebut, pendapatan desa akan mempunyai pemasukan yang besar. Berdasarkan hal tersebut Kuliah Kerja Nyata (KKN) 177 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggandeng karangtaruna Lopati mengadakan pelatihan “Penulisan Berita dan Tata Kelola Media Sosial” berbasis potensi wisata di dusun tersebut. Acara ini terlaksana pada selasa (21/01) di kediaman Sutiyem selaku kepala Dusun Lopati. Peserta yang mengikuti pelatihan ini cukup antusias karena merasa cukup terbantu dengan kegiatan ini.

Menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya dari Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu Erwan Sudiwijaya, S.Sos, MBA, MA dan Dr. Filosa Gita Sukmono, M.A acara berlangsung dengan lancar. Acara ini dihadiri oleh 13 orang dari berbagai kampung yang ada di Lopati, mulai dari pemuda kampung Lopati dan pemuda kampung Paten. Pelatihan ini sendiri dibuka langsung oleh Sutiyem Kepala Dusun Lopati.

Sutiyem juga berpesan agar semua elemen masyarakat di dusun Lopati sadar akan potensi wisata desa Lopati, sehingga tergerak untuk ikut serta dalam mengkomunikasikan potensi dusun Lopati kepada masyarakat luas. “Pemuda desa diharapkan untuk sadar akan potensi desanya dan mampu untuk meningkatkan daya tarik desa Lopati itu sendiri. Peningkatan kualitas, kuantitas, memanfaatan penulisan berita dan tata kelola media sosial harus dilaksanakan secara berkelanjutan dalam semangat menegakkan nilai-nilai di atas landasan prinsip Sadar Wisata – Indah, Menyenangkan, Aman, Nyaman,” tegas Sutiyem.

Setelah kegiatan selesai diharapkan pemuda bisa segera bergerak untuk mempromosikan dusun Lopati sebagai Dusun yang mempunyai potensi wisata luar biasa. Filosa berpesan agar peserta berani dan mempunyai keinginan kuat mempromosikan potensi dusunnya. “Karena kegiatan seperti ini tidak hanya bermanfaat untuk dusun tetapi juga untuk pemuda dalam mengekspresikan segala ide dan pemikiran dalam media sosial yang dikelola nantinya. Agar potensi wisata yang ada di dalam desa Trimurti dapat dikenali oleh masyarakat luas sehingga banyak wisatawan yang datang ke desa Trimurti,“ ungkapnya. (ads)