KKN 129 UMY Latih PKK Dusun Becici Batik Tulis dan Sibori

Februari 17, 2020 oleh : BHP UMY

Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN UMY) 129 yang ditempatkan di Dusun Becici, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta, mengadakan pelatihan batik tulis dan sibori kepada 20 ibu-ibu kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Pelatihan yang digelar selama dua hari, Selasa (28/1) hingga Rabu (29/1) ini diikuti dengan semangat dan antusias.

Dosen pembimbing lapangan KKN 129, Dr. Nanik Prasetyoningsih, SH., MH menjelaskan, kegiatan pelatihan membatik tersebut dilakukan untuk memberikan pembinaan keterampilan batik teknik tulis dan sibori, sekaligus menunjang ekonomi kreatif rumah tangga. “Selain itu juga untuk melestarikan budaya batik sebagai salah satu ciri khas negara Indonesia. Adapun motif batik tulis yang dibuat dalam pelatihan ini adalah motif bamboo, daun pegagan, dan salak. Pelatihan membatik dengan teknik batik tulis diadakan pada Selasa, dan pelatihan batik sibori pada hari Rabu,” ungkapnya.

Nanik juga menyampaikan bahwa ibu-ibu PKK sangat semangat dan antusias selama mengikuti pelatihan membatik ini. “Menurut para ibu-ibu PKK, pelatihan ini sangat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan serta ketrampilan membatik mereka,” imbuhnya.

Pelatihan membatik ini menghadirkan Budiarti Nafisah sebagai mentor yang memberikan materi dan pelatihan membatik.