Kembali Laksanakan Wisuda Secara Luring, Bukti UMY Mampu Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 Secara Apik

Desember 11, 2020, oleh:

Perayaan wisuda adalah hal yang paling dinantikan oleh setiap mahasiswa. Setelah sukses dengan terlaksananya wisuda secara luring periode pertama di masa pandemi Covid-19 saat ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  kembali  menggelar wisuda  Vokasi, Sarjana, & Pascasarjana periode II 2020/2021 pada 10 Desember 2020 di gedung Sportorium UMY. Tak mudah untuk mengadakan wisuda di saat pandemi seperti ini, pengamanan serta penerapan protokol kesehatan secara ketat juga dilakukan demi terjaminnya keamanan dan kenyamanan bersama dalam menghadapi situasi pandemi saat ini.

Setidaknya ada  1111 mahasiswa yang di wisuda pada hari Kamis (10/12) yang terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pagi dan siang untuk mengantisipasi penumpukan masa. Pelaksanaan wisuda UMY kali ini juga tetap dijalankan dengan protokol kesehatan secara ketat. Dengan mewajibkan semua wisudawan serta panitia yang terlibat untuk tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung, mengatur kursi antar wisudawan yang berjarak minimal 1 meter, menerapkan cuci tangan sebelum dan setelah keluar dari lokasi wisuda, dan melakukan desinfeksi lokasi wisuda sebelum dan setelah pelaksanaan wisuda. Selain itu, UMY juga memberikan kebijakan agar pendamping wisuda tidak ikut serta memasuki area kampus, dan kegiatan akademik pun diliburkan untuk mengantisipasi penumpukan masa di dalam kampus.

Dalam pidatonya Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, IPM berharap mahasiswa terus menggali potensi dengan terus belajar. “Yang jelas dari  hati saya yang tulus saya mengharapkan kalian terus belajar karena justru pada hari inilah kehidupan baru di dunia yang semakin keras persaingannya dimulai.  Dan saya sangat percaya suatu saat nanti 15 atau 20 tahun lagi saya akan menghadap tuan tuan dan puan puan wisudawan/i yang sudah menduduki posisi-posisi penting di Republik Indonesia,” pungkasnya.  

Menariknya pada wisuda kali ini juga dibarengi penyerahan sertifikasi profesi oleh Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia, Kunjung Masehat. Dalam kesempatan yang sama dalam pidato sambutannya, Ketua BNSP Kunjung Masehat mengatakan bahwa ia percaya wisudawan/i UMY mampu bersaing secara global dalam dunia kerja. Ia juga memberikan ucapan selamat kepada Lembaga Sertifikasi Profesi UMY yang kemudian dilanjutkan penyerahan sertifikat dari BNSP RI  kepada Universitas Muhhamadiyah Yogyakarta yang dalam hal ini langsung diterima oleh rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P serta penyerahan sertifikat profesi secara simbolis kepada 7 orang mahasiwa. Acara wisuda periode II berlangsung khidmat dan diakhiri dengan doa penutup yang lasung dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Sukamta, MT.,IPM., Wakil Rektor I Bidang Akademik. (RM)