Berita

Keluarga Besar UMY Bersilaturrahim di Syawalan 1434H

“Ketika bersilaturrahim kita sering menuliskan pesan Idul Fitri kalimat Minal Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin ketika bersilaturrahim, padahal secara konteks kedua kalimat tersebut tidak memiliki kesamaan makna. Tapi, masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan kebiasaan ini. ” Hal ini disampaikan oleh ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) UMY, Rosyad Sholeh, ketika memberikan sambutan dalam acara Silahturrahim Syawalan & Mangayubagyo Calon Jamaah Haji UMY di Gedung Sportorium UMY pada Senin (19/8). Kalimat yang utuh minal aidin wal faizin adalah ja alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin yang artinya semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung. “Jadi, minal aidin wal faizin sendiri berarti dari orang-orang yang kembali dan beruntung,” tegas Rosyad.

Namun meskipun ada kesalahan pemaknaan ucapan, Rosyad menekankan bahwa yang terpenting ialah menjaga silahturrahim. Karena silahturrahim sangat dianjurkan oleh Rasulullah, “Allah tidak akan memandang wajah hamba-Nya yang memutuskan silaturahim serta berbuat jahat dengan tetangga,” tambah Rosyad.

Pelaksanaan Silaturrahim Syawalan civitas akademika UMY yang rutin diadakan setiap tahun dimanfaatkan untuk menjaga tali silaturahim di lingkungan UMY sehingga turut mengundang seluruh dosen, karyawan beserta keluarganya. Begitupun pada acara tahun ini juga ramai dipadati oleh keluarga besar dosen dan karyawan UMY.

Pada kesempatan ini pula Rektor UMY, Prof Bambang Cipto menyampaikan bahwa silaturrahim dalam syawalan 1434H yang berdekatan dengan pelaksanaan tahun ajaran baru, juga dijadikan ajang memperkuat barisan UMY untuk melayani dan menyambut mahasiswa baru. “Kita juga harus hidupkan cita-cita UMY Muda Mendunia,” himbau Prof Bambang Cipto kepada seluruh hadirin.

Selain bersilaturrahim dan saling bermaafan, dalam acara tersebut juga diumumkan nama civitas akademika yang memperoleh penghargaan umrah karena kerja keras mengabdi pada institusi pendidikan UMY. Nama – nama peraih penghargaan umrah tersebut dibacakan langsung oleh Rektor UMY, Prof Bambang Cipto sambil mengucapkan selamat kepada mereka yang beruntung, yakni Sugito, M.Si (dosen HI); Triyono, M.P (dosen Pertanian); Dr, Arif Budi Raharjo (dosen FAI); Prihati Yuniarlin, M.Hum (dosen Hukum); Haryadi Arief, M.Si (dosen IK); Nurul Hidayah (staf FAI); Saat Arifin (staf FE); Susi Herawati (staf BSDM); Arjito  Wartama (staf Keuangan); Mujiarto (staf FT) dan Nasyiatul Aisyiah (staf Rektorat).

Share This Post

Berita Terkini