Ilmu Pemerintahan UMY Terima Kunjungan dari UIN Sultan Thaha Saiffudin Jambi

Juli 5, 2019 oleh : BHP UMY

Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi IP UMY) menerima kunjungan dari Prodi IP Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saiffudin Jambi bertempat di Laboratorium IP UMY pada Kamis (4/7). Kunjungan dari UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi ini bertujuan untuk mempelajari lebih banyak terkait dengan pengembangan laboratorium yang ada di IP UMY.

Dalam kunjungan tersebut, selaku pemateri kunjungan yang dilaksanakan di Laboratorium IP UMY, Dr. phil. Ridho Al-Hamdi, MA menyampaikan materi tentang tata kelola pemilu, yang selanjutnya peserta kunjungan diminta untuk mempraktikkan langsung apa saja yang sudah dipelajari. “Tata Kelola Pemilu, adalah salah satu mata kuliah yang ada di IP UMY. Dalam hal ini mahasiswa dari Prodi IP UIN Sultan Thaha Saiffudin Jambi selain mendapat pemaparan materi terkait, juga mendapat kesempatan untuk melakukan praktik berupa menghitung perolehan suara pemilu menjadi kursi di parlemen atau DPR/DPRD dengan menggunakan tiga metode yang berbeda,” jelasnya.

Dr. phil. Ridho Al-Hamdi menambahkan mengenai metode perhitungan dalam sistem tersebut. “Metode perhitungan dalam sistem ini dapat terbagi ke dalam tiga metode, yaitu Metode Divisor, Metode Kuota dan Metode Lain-lain. Masing-masing metode memiliki variannya sendiri-sendiri dengan rumus atau formula perhitungan yang juga berbeda satu sama lain,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Prodi IP UIN Sultan Thaha Saiffudin, Tri Endah Lestari, M.IP menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk belajar tentang laboratorium yang tersedia di Prodi IP UMY. Selain itu juga untuk melanjutkan kerjasama yang sejak tahun 2011 sudah terjalin antara IP UMY dengan IP UIN Sultan Thaha Saiffudin Jambi.

“Kerjasama yang sudah terjalin dengan Prodi IP UMY sejak tahun 2011 ini kami lakukan setiap tahunnya. Bahkan pada bulan Februari 2019 lalu, kami juga datang ke IP UMY guna melakukan kunjungan terkait pengembangan prodi, agar Prodi IP UIN Sultan Thaha Saiffudin Jambi dapat belajar banyak dengan Prodi IP di UMY. Untuk kunjungan ini, kami berfokus kepada praktikum di ruang Laboratorium IP UMY,” terangnya saat ditemui tim jurnalis Biro Humas dan Protokol UMY.

“Sebanyak 52 mahasiswa dari Prodi IP UIN Sultan Thaha Saiffudin Jambi ikut serta dalam kunjungan ke Prodi IP UMY. Harapan dari kami agar mahasiswa dapat belajar menggunakan fasilitas laboratorium yang ada di IP UMY dengan sebaik mungkin dan dapat menerapkannya nanti ketika kembali ke UIN Sultan Thaha Saiffudin Jambi,” tutup Tri Endah, (CDL)