Grup Musik Orkestra UMY Rilis Video Musik Perdana

Agustus 8, 2020 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan Universitas yang menaruh perhatian lebih terhadap seni, terutama seni musik. Sang Surya Philharmonic Orchestra merupakan group orchestra kebanggan UMY yang sudah berdiri sejak tahun 2018. Kali ini Sang Surya Philharmonic Orchestra membuat 3 video lagu yakni Pamer Bojo, Ilir-ilir, dan Derap Kemajuan. Lagu Derap Kemajuan sendiri merupakan karya Dr. Haedar Nashir yang diaransemen oleh Eross Candra, gitaris band Sheila on 7. Ketiga lagu tersebut dikemas dalam bentuk video yang akan diunggah pada channel youtube resmi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yakni UMYogya, dengan lagu Lir-Ilir sebagai lagu pertama yang dirilis hari ini, Sabtu (8/8).

Ide pertama pembuatan orchestra ini berawal dari adanya keinginan UMY untuk mencetak mahasiswa yang cerdas, pintar, bijaksana, serta memiliki nilai kemanusiaan yang tinggi dengan menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri mereka. Salah satu caranya adalah melalui musik, kemampuan otak akan akan lebih cepat terasah bila melalui musik. “Pada prinsipnya, antara sains dan art (seni) itu merupakan dua proses yang beriringan bersama. Sehingga seseorang bisa menjadi pintar, cerdas, dan bijaksana,” papar Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP, IPM.

Dari sanalah menurut Gunawan kemudian Sang Surya Philharmonic Orchestra dibentuk pada tahun 2018. “Kemudian pada tahun 2019, Sang Surya Philharmonic dipadukan dengan paduan suara yang ditampilkan di acara Milad Muhammadiyah dengan menyanyikan lagu Derap Kemajuan. Respon orang-orang sangat positif dan terkejut karena Muhammadiyah bisa bicara tentang seni, dalam Muhammadiyah seni itu justru menjadi medan dakwah yang bisa masuk ke seluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Di tahun 2020 Sang Surya Philharmonic Orchestra dijadwalkan untuk tampil diacara Milad UMY ke-39 dengan konsep flashmob, namun karena adanya pandemi sehingga dialihkan menjadi pembuatan video. Video inilah yang akan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada publik. Membawakan tiga lagu dengan konsep yang berbeda, Sang Surya Philharmonic Orchestra menyuguhkan konsep yang unik di setiap lagunya.

Puthut Ardhianto,M.Pd, Show Director Sang Surya Philharmonic Orchestra menjelaskan beberapa konsep yang diusung dalam pembuatan ketiga video lagu tersebut. “Konsep yang kami usung untuk masing-masing lagu diantaranya, konsep grande dan elegant untuk lagu Derap Kemajuan yang dijadikan lagu untuk menumbuhkan semangat ukhuwah islamiyah dan ukhuwah Muhammadiyah agar selalu semangat menyongsong Muktamar Muhammadiyah tahun 2022. Lagu Lir-Ilir, merepresentasikan unsur nature, culture, faith lagu ini dipilih karena ini cocok untuk merepresentasikan UMY sebagai green campus dan memiliki keyakinan religius. Kemudian lagu Pamer Bojo, merupakan lagu yang dibuat sebagai tribute untuk Alm. Didi Kempot dan juga menjadi lagu yang sangat populer di seluruh lapisan masyarakat. Pamer Bojo konsepnya ingin membawa cerita kehidupan kampus yang dekat dengan mahasiswa sehingga video ini dikemas dengan sangat fun,” ungkapnya.

Dengan dirilisnya video dari Sang Surya Philharmonic Orchestra ini, diharapkan bisa menjadi sebuah bukti bahwa di tengah pandemi, Muhammadiyah tetap berkarya dan memilih untuk bangkit, memberikan semangat untuk banyak orang supaya tetap bisa berkarya meskipun dalam keadaan pandemi seperti saat ini. (dea)