Gandeng DPD GRANAT DIY, Mahasiswa Public Relations UMY Gelar Kampanye Anti Narkoba

Juni 18, 2019 oleh : BHP UMY

Sebagai bentuk kepedulian terhadap para pengguna narkoba, mahasiswa Public Relations Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PR Ilkom UMY) selenggarakan sebuah kampanye Duka Narkoba yang bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Anti Narkotika Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD GRANAT DIY). Kampanye yang bertajuk Satu Gerakan Perubahan dengan tagline “One Color One Soul” tersebut diselenggarakan pada sabtu, (25/05) bertempat di titik nol kilometer Yogyakarta.

Ketua Duka Narkoba, Abd. Dirjan Najhalidi menjelaskan bahwa Duka Narkoba ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk menjauhi narkoba melalui cara yang berbeda. “Duka Narkoba ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk menjauhi narkoba melalui cara yang berbeda yaitu dengan menampilkan aksi teatrikal dan monolog pada pembukaan acara,” ungkap Dirjan.

“Selain aksi teatrikal, terdapat acara bincang-bincang dengan Ketua DPD GRANAT DIY dan dua mantan pengguna narkoba yang kini telah sukses dalam meniti karir, Andhika Nur Prasetyo, SH dan Moch. Rikazy, SH. Mereka bercerita pengalaman bagaimana awal bisa terjerumus dalam kelamnya narkoba dan cara mereka bangkit dari jerat obat terlarang tersebut,” lanjutnya.

Tidak hanya aksi teatrikal dan monolog, Dirjan juga menambahkan bahwa Duka Narkoba membuka donasi yang nantinya akan disalurkan kepada Rumah Rehabilitasi. “Duka Narkoba membuka donasi yang nantinya akan disalurkan kepada Rumah Rehabilitasi GRANAT DIY di Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Cara berdonasi dikemas menarik yaitu dengan mewarnai telapak tangan dengan cat air yang telah disediakan, lalu tempelkan pada banner berisi foto maskot kampanye Duka Narkoba yaitu Si Ipen yang merupakan singkatan dari Indonesia Perangi Narkoba,” tambah Dirjan.

Harapan yang positif juga dilontarkan oleh salah satu mahasiswa Public Relations tersebut. “Harapan kami, dengan diadakannya kampanye ini, tidak ada lagi kawan-kawan yang terjerat narkoba merasa dikucilkan dan semoga bermanfaat bagi masyakarat Yogyakarta,” imbuh Dirjan.

Feryan Harto Nugroho, SH sebagai ketua DPD GRANAT DIY juga menyampaikan bahwa kampanye yang dilakukan adalah sebagai wujud kepedulian antar sesama. “Kampanye ini dilakukan sebagai wujud kepedulian kita sebagai generasi muda untuk memerangi narkoba. Salah satu wujud gerakan One Color One Soul yakni dalam satu warna yang kita berikan, akan menyelamatkan satu jiwa,” pungkasnya. (CDL)