Berita

Empat Prodi Pascasarjana UMY Masuk Daftar Tujuan Penerima LPDP 2020

Pendaftaran Beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan di bawah Kementerian Keuangan dibuka kembali. Tahun ini LPDP memberikan dukungan biaya pendidikan untuk 42 Universitas dalam negeri dan 275 Universitas luar negeri. Sebanyak 65 persen beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang mendaftar perguruan tinggi di dalam negeri, sisanya universitas luar negeri. Salah satu Universitas yang mendapat dukungan biaya pendidikan LPDP 2020 ini adalah Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sebanyak empat program studi dari Magister Pascasarjana UMY masuk kedalam daftar tujuan penerima LPDP yakni Prodi Magister Ilmu Pemerintahan, Magister Hubungan Internasional, Magister Keperawatan dan Magister Administrasi Rumah Sakit.

Prof. Dr. Achmad Nurmandi, MSc, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional UMY menjelaskan bahwa dikarenakan adanya pandemi COVID-19, Kemenkeu hanya membuka dua jenis beasiswa yaitu Beasiswa LPDP Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) dan Beasiswa LPDP Pendidik. “Beasiswa PTUD diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang sudah mendapatkan Letter of Admission/Acceptance Uncoditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor. Sementara beasiswa pendidik diperuntukkan yang pertama, kepada guru tetap yang berada di sekolah lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kepedidikan (NUPTK), yang kedua beasiswa pendidik ini diperuntukkan kepada Dosen tetap pada perguruan tinggi di lingkunghan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementrian Agama yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN),” jelasnya, saat ditemui pada Rabu (7/10).

Adapun pendaftaran beasiswa LPDP untuk empat prodi magister UMY tersebut menurut Nurmandi, disesuaikan dengan jadwal pendaftaran beasiswa LPDP Kemenkeu RI, yakni mulai 6 Oktober hingga 20 Oktober 2020. Persyaratan pendaftaran juga mengacu pada persyaratan pendaftaran beasiswa yang dikeluarkan oleh LPDP, yang terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus bagi pendaftar beasiswa LPDP PTUD.

Pendaftaran LPDP mulai dibuka hari Selasa (6/10), adapun informasi terkait jadwal pendaftaran beasiswa LPDP adalah sebagai berikut :

No Jadwal Kegiatan
1. 6 Oktober – 20 Oktober 2020 Pendaftaran
2. 21 Oktober – 1 November 2020 Seleksi Administrasi
3. 2 November 2020 Pengumuman
4. 4 November – 20 November 2020 Seleksi Substansi
5. 4 Desember 2020 Pengumuman Akhir

Adapun persyaratan umum Pendaftaran Beasiswa LPDP 2020

1. Warga Negara Indonesia

2. Telah menyelesaikan studi program diploma 4 (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program studi magister (S2) untuk beasiswa Doktor; atau diploma empat (D4/sarjana (S1) langsung Doktor dengan ketentuan sebagai berikut:

– Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

– Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.

3. Tidak sedang (on going) atau telah menempuh studi degree atau non degree program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.

4. Melampirkan surat rekomendasi sebagai berikut:

– Surat Rekomendasi dari akademisi dan dari atasan bagi yang sudah bekerja;

– Surat Rekomendasi dari 2 akademisi bagi yang belum bekerja

5. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas regular

6. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online

7. Menulis personal statement

8. Menulis rencana studi untuk magister atau proposal penelitian untuk doktor

9. Menulis komitmen kembali di Indonesia (jika mengambil beasiswa luar negeri) dan menulis rencana kopntribusi di Indonesia pasca studi

Adapun Beasiswa PTUD diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan Doktor. Beasiswa PTUD diberikan untuk jenjang pendidikan Magister Program satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 24 bulan. Doktor Program satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 60 bulan. Kriteria pendaftar program beasiswa LPDP antara lain, Pertama, Pendaftar Beasiswa PTUD hanya dapat memilih satu perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan LoA Unconditional yang diunggah pada aplikasi pendaftaran. Kedua, Pendaftar BPI PTUD belum memulai studi dan hanya diizinkan memulai studi pada tahun 2021. Ketiga, Pendaftar BPI PTUD yang memiliki LoA Unconditional dengan waktu mulai studi pada 2020, wajib menunda studi dan memulai studi pada 2021 serta melampirkan surat keterangan menunda memulai studi dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.

Untuk informasi lebih lengkap, bisa mengunjungi laman LPDP

https://www.lpdp.kemenkeu.go.id

Share This Post

Berita Terkini