Dosen UMY Cetuskan Program CEKOSI

Juni 18, 2019 oleh : BHP UMY

Kasus penyakit yang terjadi pada suatu waktu tertentu di suatu wilayah sekarang ini mulai meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu yang menjadi permasalahan adalah life style yang kurang sehat dan kurangnya informasi terhadap pencegahan dan kontrol kesehatan oleh masyarakat. Maka dari itu Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY) bekerjasama dengan Majelis Kesehatan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ngaglik, Sleman DIY mengadakan program promosi kesehatan dan pemeriksaan kesehatan secara berkala dengan tajuk Cerdas Kontrol Kesehatan Sendiri (CEKOSI) untuk jamaah di wilayah Kecamatan Ngaglik. Program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan agar jamaah dapat cerdas untuk menjaga dan mengontrol kesehatannya sendiri.

Kegiatan yang diselenggarakan setiap Minggu pahing setiap bulannya tersebut terlaksana setelah kegiatan pengajian di Masjid K.H. Ahmad Dahlan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Indriastuti Cahyaningsih, M.Sc., sebagai koordinator program pengabdian masyarakat mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara kolaboratif oleh tenaga kesehatan. “Kegiatan ini dilaksanakan secara kolaboratif oleh tenaga kesehatan yakni dokter, dokter gigi dan apoteker yang diantaranya berasal dari FKIK UMY. Kegiatan ini terdiri dari penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, dilanjutkan pemberian informasi dan konseling terkait dengan obat yang diterima pasien,” jelasnya.

Indriastuti menambahkan bahwa setiap pasien diharapkan mempunyai catatan terkait keluhan yang dirasakan. “Setiap pasien memiliki catatan atau lembaran tersendiri yang berisi keluhan dan terapi yang diberikan oleh dokter serta catatan hasil pemeriksaan tanda vital dan rapid test dari pemeriksaan darah pasien sehingga diharapkan perkembangan pasien dapat termonitor,” tambahnya.

“Program ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang kesehatan kepada para jamaah baik dalam usaha preventif maupun edukasi terkait dengan penyakit dan obat yang sedang dikonsumsi. Selain itu juga memberikan motivasi para jamaah untuk dapat aktif mengontrol dan menjaga kesehatannya. Program ini juga wujud pelaksanaan interprofesional collaboration dari tim kesehatan dari FKIK UMY untuk mendukung kesehatan masyarakat,” tutupnya. (CDL)