Dosen UMY Ajarkan Pendidikan Usia Lanjut Untuk Masyarakat DK II Pedukuhan Kersan

Juni 20, 2019 oleh : BHP UMY

Salah satu pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dari Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSIK UMY) adalah dengan menyelenggarakan sebuah program Pendidikan Usia Lanjut (PAUL) bagi lansia di Pedukuhan DK II Kersan, Dusun Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Laili Nurhidayati, Ns., M.Kep, SP.KepJiwa dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2019.

Dihubungi oleh tim jurnalis Biro Humas dan Protokol UMY, Laili menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat berawal dari melihat fenomena populasi lansia di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan yang tertinggi di Indonesia. “Awal mula tercetusnya ide pengabdian kepada masyarakat ini, bermula ketika melihat fenomena bahwa populasi lansia di Propinsi DIY ini merupakan yang tertinggi di Indonesia dan memiliki usia harapan hidup yang paling tinggi. Seperti kita tahu, seiring dengan proses penuaan maka semakin besar kemungkinan kita mengalami masalah kesehatan. Sayangnya, walaupun lansia di komunitas banyak yang mengalami sakit, namun upaya untuk memelihara kesehatan atau kepatuhan kepada pengobatan itu secara umum masih rendah,” jelas Laili.

“Salah satu faktor penyebabnya adalah karena rendahnya tingkat pengetahuan lansia tentang penyakit kronis dan masalah kesehatan terkait proses penuaan. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang jumlahnya kurang lebih 40 peserta yang terdiri dari lansia dan kader Posyandu di Pedukuhan DK II Kersan,” lanjutnya.

Laili menambahkan, bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakannya bersama tim dosen yaitu, Nurul Hidayah, Ns., MNurs dan dr. Warih Andan Puspitosari Sp.KJ(K) menghasilkan enam kali pertemuan. “Pada pertemuan pertama PAUL, tim pengabdian masyarakat melakukan perkenalan dan pengkajian kebutuhan belajar, dan disepakati bahwa PAUL akan dilaksanakan selama lima kali pertemuan dengan lima materi yaitu pengenalan dan penanganan hipertensi, diabetes melitus, nyeri persendian, gangguan tidur dan pencegahan jatuh pada lansia di komunitas. Pemberian materi disampaikan langsung oleh tim dosen PSIK UMY yang melakukan pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.