Dosen MMR UMY latih Warga Jaga Kesehatan Lewat Kegiatan Keseharian

Februari 28, 2019 oleh : BHP UMY

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan dan perlu untuk selalu dijaga agar kegiatan keseharian tidak terganggu. Namun masih banyak warga di Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan dan kesehatan seperti yang terjadi di wilayah Dusun Melikan Gedong, Wonogiri Jawa Tengah. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merespon fenomena tersebut dengan berusaha memberdayakan masyarakat setempat. Hal tersebut dilaksanakan dengan memberikan pelatihan mengenai kegiatan sederhana yang dapat membantu warga menjaga kesehatannya, pada hari Selasa (26/2).

Kegiataan yang dilaksanakan oleh dosen S2 Magister Manajemen Rumah Sakit (MMR) UMY tersebut dilakukan dalam rangka pengabdian masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh 7 Dosen MMR Dr.dr Arlina Dewi.,M.Kes.,AAK, Dr. Elsye Maria Rosa.,M.Kep, Dr. Qurratul Aini.,M.Kes, Dr.Dr. Nur Hidayah.,M.M, Winny Setyonugroho. Ph.D, Dr. Firman Pribadi, M.Si, dan dr. Merita Aini,MMR. dan 2 Staf kependidikan MMR.

Ini merupakan kegiatan rutin prodi S2 MMR UMY yang dilaksanakan setiap tahun. “Rangkaian kegiatan ini kami lakukan dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Untuk Hidup Lebih Sehat dan Sejahtera”. Tujuannya agar masyarakat dapat melakukan improvisasi berbagai kegiatan yang mereka lakukan dalam kesehariannya, supaya dapat berpengaruh pada baiknya kesehatan mereka. Pelatihan yang dilakukan meliputi; Senam Pencegahan Stroke bagi Lansia oleh dr. Arlina Dewi; Kebersihan Tangan yang dipandu oleh dr. Winny Setyonugroho; Pengajian dengan judul “Sikap dan Perilaku dalam Mencegah dan Menghadapi Bencana Alam” dr. Nur Hidayah; dan dilanjutkan dengan kegiatan screening kesehatan dengan melakukan pengecekan gula darah, pengecekan tekanan darah, dan pengecekan psikologis oleh dr. Merita, dr Elsye Maria bersama dr. Qurratul Aini. Kegiatan ini kami lakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga hidup sehat secara jasmani dan spiritual,” ujar Arlina selaku Kaprodi MMR UMY.

Arlina juga menyampaikan bahwa selain pelatihan kesehatan, MMR UMY juga memberikan bantuan ternak ayam kepada warga. “Selain memberdayakan kesehatan warga, kami juga terlibat dalam usaha pemberdayaan ekonomi melalui ternak ayam. Kami berharap bantuan tersebut dapat menjadi tambahan modal dalam mendorong aktivitas ekonomi warga setempat,” paparnya.