Dosen HI UMY Latih Perangkat Desa Poncosari Kelola Administrasi dan Sistem Informasi Desa

Februari 1, 2020 oleh : BHP UMY

Berangkat dari permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat Desa Poncosari, dosen-dosen Prodi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan alternatif solusi dengan melakukan pengabdian mayarakat. Hasil identifikasi Tim Pengabdian memperlihatlkan adanya kendala tertib administrasi dan pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID) Poncosari.

Oleh karenanya, Sugito selaku ketua Tim Pengabdian skema Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN- PPM) UMY merancang serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kemampuan para pemangku kepentingan terkait adminitrasi dusun dan SID Poncosari. Kegiatan tersebut meliputi penyuluhan administrasi kependudukan bagi Dukuh, Pengurus RT dan warga Dusun Ngentak, Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi bagi pemuda Desa Poncosari, dan pelatihan tata kelola adminstrasi dan proposal kegiatan bagi karang taruna Dusun Karang.

Sugito menyampaikan bahwa tata kelola admistrasi sangat penting untuk dilakukan bagi keberlanjutan dan kemajuan organisasi. “Untuk agenda penyuluhan administrasi kependudukan juga kami lakukan di Dusun Ngentak pada 21 Januari 2020. Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting kepemilikan dokumen diri dan tata cara pengurusan berbagai dokumen kependudukan di Kabupaten Bantul,” jelasnya.

Acara lainnya adalah Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi bagi pemuda se Desa Poncocari yang bekerja sama dengan Pemerintah Desa Poncosari. “Pelatihan ini juga telah berlansung pada 25 Januari 2020 di Pendopo Balai Desa Poncosari. Dalam pelatihan ini kmai berhasil menghimpun para pemuda desa yang sanggup untuk menjadi wartawan guna mengisi berbagai rubrik di Website Desa Poncosari. Dengan adanya wartawan ini, diharapkan web desa semakin dinamis, komunikatif, dan informatif sehingga dapat membantu pelayanan kepada masyarakat Desa Poncosari,” papar Sugito lagi.

Pelatihan bagi karang taruna Dusun Karang menjadi agenda terakhir yang berhasil dijalankan pada Kamis (30/1) di Pendopo Dusun. Acara yang dilakukan bekerja sama dengan Kelompok KKN Mahasiswa 088 ini dihadiri oleh 25 peserta dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus karang taruna dalam pengelolaan administrasi dan pembuatan proposal kegiatan.

Instruktur pelatihan karang taruna, Zain Maulana, Ph.D memberikan materi tentang cara pembuatan proposal kegiatan. “Struktur proposal minimal meliputi latar belakang sebagai justifikasi mengapa kegiatan yang diusulkan penting untuk dilaksanakan, tujuan, manfaat, sasaran/peserta, jenis-jenis kegiatan, waktu dan tempat, serta kebutuhan dana,” papar Zain yang juga dosen HI UMY.

Dalam sesi coaching clinic tersebut, peserta antusias untuk mendiskusikan proposal yang pernah mereka buat dan kendala yang dihadapi. Beberapa hal misalkan bagaimana memilih sponsor yang tepat, teknik perwajahan proposal, dan bagaimana teknik negosiasi dengan pihak sponsor menjadi bahan diskusi yang hangat dibicarakan.