Berita

Communication Fiesta 2013 Wadahi Minat Pelajar Di Bidang Komunikasi

_MG_2357Untuk menyalurkan minat pelajar SMA dalam bidang komunikasi, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi, Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Komakom) UMY mengadakan Communication Fiesta 2013. Acara ini memberikan kesempatan bagi para pelajar yang gemar dalam bidang fotografi hingga broadacasting untuk dapat melombakan karyanya. Tahun ini perlombaan tersebut diperuntukkan bagi pelajar SMA se-Jawa.

“Sekarang banyak SMA punya ekstrakurikuler di bidang komunikasi, seperti beberapa SMA di Yogya sudah punya ekstrakurikuler broadcast” Jelas Viyas Prayoga selaku ketua panitia Communiation Fiesta 2013, saat ditemui pada malam penganugerahan penghargaan, Jumat (24/5). Yoga mengaku acara awarding ini diadakan setiap tahun untuk mempererat silaturahim UMY dengan peserta yang berasal dari SMA se-Jawa serta juga dapat dimanfaatkan sebagai promosi Jurisan Ilmu Komunikasi UMY kepada pelajar SMA yang berpartisipasi. “Selain promo untuk Jurusan Ilmu Komunikasi UMY, acara ini juga menjadi ajang kerja bareng – bareng anggota BSO komunikasi” terang Yoga.

Communication Fiesta ini, lanjut Yoga, telah memasuki tahun ke 3 dan secara umum memiliki 3 kaegori lomba, salah satu jenis lomba dalam kegiatan ini ialah himotion. “Himotion itu kompetisi film dimana peserta diberikan waktu 2×24 jam untuk membuat karya film. Setelah tema diberikan maka dua hari kemudian karya mereka dikumpulkan” papar mahasiswa komunikasi UMY angkatan 2010 itu.

Senada dengan Yoga, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UMY Aswad Ishak, M.Si sangat mendukung kegiatan tersebut. Ia menyatakan kegiatan ini dapat menjadi ajang penyaluran kreatifitas pelajar kepada hal yang lebih positif mengingat animo pelajar pada bidang komunikasi saat ini cukup tinggi. “Daripada pelajar nggak ada kerjaan, atau malah terlibat tawuran dan narkotika kegiatan ini bisa menjadi catalyst agar mereka lebih kreatif melalui kegiatan yang edukatif dan tidak selalu berkaitan dengan akademik,” jelas Aswad.

Aswad yang juga dosen di Ilmu Komunikasi UMY menganggap acara yang telah yang diadakan oleh anak didiknya dapat menjadi ajang penyaluran kreatifitas bagi para pelajar yang memiliki potensi namun tidak memiliki wadah umtuk mengembangkan minatnya itu. Ia menilai para pelajar tersebut membutuhkan kompetisi semacam ini. “Banyak pelajar yang punya potensi dengan baik kalau kita openi dengan baik juga saya kira nanti akan tumbuh menjadi individu – individu yang mumpuni di bidang komunikasi. Misalnya tertarik dengan dunia kepenyiaran ya nanti bisa menjadi penyiar yang baik kalau yang tertarik dengan mading nanti bisa mengelola mading di sekolah menjadi lebih baik. Ini bisa bermanfaat untuk teman – teman pelajar SMA” tutupnya.

Dalam acara malam penganugerahan awarding Communication Fiesta 2013 diberikan penghargaan kepada SMAN 1 Bantul (Juara 1 Himotion), SMA Budi Mulia 2 Tim 2 (Juara Mading 3D), Arya Wirendra dari SMA Muh. 1 Yogya (Announcer Terbaik), Rafidha Deviyani dari MAN 2 Yogyakarta ( News Reader Terbaik), Dwi Lestari dari SMAN 1 Bantul (Presenter Terbaik), Pinasti Mahardika dari SMA Muh.1 Yogyakarta (Reporter Terbaik) dan Nurlaili Wulan dari SMA 8 Yogyakarta (Reporter Favorit).

Share This Post

Berita Terkini