Bluedeep, Tim Pertama yang Datang Untuk KRI 2015

Juni 10, 2015 oleh : BHP UMY
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan Kontes Robot Indonesia 2015 menjadi tujuan kunjungan ratusan pesertanya. Para peserta lomba pun mulai berdatangan ke Yogyakaarta, namun tim  Blue Deep  dari Universitas Budi Luhur Jakarta merupakan tim pertama yang datang untuk mengikuti KRI 2015 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 11-14 Juni 2015 mendatang. “Kami datang ke Yogyakarta sekitar hari Jumat (5/6) lalu. Kami datang jauh seminggu sebelum tanggal pertandingan supaya kami lebih mengetahui bagaimana kondisi dan suasana pertandingan nanti,” kata ketua tim, Muhammad Imam Faizal, saat diwawancara melalui saluran telepon pada Rabu (10/6).
Dari 4 jenis perlombaan robot, tim yang bernama Bluedeep  dari Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta akan bertanding dalam jenis perlombaan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). Tim ini juga telah mengikuti KRI pada dua tahun berturut-turut, yakni tahun 2013 dan 2014. “Ini adalah lomba KRI kami yang ke-3,” lanjut Imam. Pada KRI 2013 mereka menyabet juara ke-2 dan pada KRI 2014 mereka menyabet juara ke-3 dalam jenis perlombaan yang sama, yakni KRAI.
Imam mengatakan, persiapan Bluedeep untuk bertanding sejauh ini sudah mencapai 95 %. Mereka sudah melakukan latihan yang intensif untuk mengikuti perlombaan KRAI. “Sudah kami persiapkan secara matang semuanya jauh sebelum kami berangkat ke Yogyakarta. Sekarang tinggal mempersiapkan mental dan fisik yang sehat untuk nanti bertanding,” kata Imam. Kendala yang dihadapi Bluedeep untuk menyiapkan KRI 2015 terletak pada masalah mekanik. Mereka harus menyiapkan secara matang bagaimana robot mereka nantinya bisa service dan smash layaknya pemain bulutangkis. Namun, dengan kerjasama dan koordinasi yang baik antartim, mereka yakin masalah-masalah tersebut akan cepat teratasi.
Bluedeep berharap bisa menyabet juara pada ajang KRI 2015 ini supaya nanti mereka bisa mewakili Indonesia dalam ajang Asia-Pasific Broadcasters Union (ABU) Robocon yang juga digelar di Sportorium UMY pada 23 Agustus 2015 mendatang. Ajang internasional ini akan diikuti oleh 20 tim yang berasal dari berbagai negara di dunia.
ABU Robocon merupakan kontes robot internasional yang diadakan pertama kali di Tokyo pada tahun 2002 dan Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya pad atahun 2015 ini. ABU Robocon 2015 yang akan diselenggarakan di UMY ini akan mengambil tema ‘ROBOMINTON : Badminton Robo Games’. (bram)