Belajar Cara Pengelolaan Fakultas, UIN SYarif Hidayatullah Kunjungi UMY

November 9, 2019 oleh : BHP UMY

Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta guna belajar cara mengelola fakultas dengan baik. Wakil Dekan Bidang Akademik FAI Mohammad Syifa Amin Widigdo, PhD, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Kemahasiswaan Muhammad Zakiy, S.E.I., M.Si, serta Kepala Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Twediana Budihapsari, P.hD, menyambut baik kedatangan UIN Syarif Hidayatulla Jakarta, dan berdiskusi secara berlanjut di Ruang Sidang Komisi AR. Fachruddin A Lantai 5 Kampus Terpadu UMY, Jumat (8/11).

Wakil Dekan Administrasi Umum Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Sihabudin Noor, M.A., menyampaikan maksud kedatangan mereka ke UMY. “Kami tidak bosan untuk datang ke Yogyakarta yang disebut kota Pelajar, dan kami kali ini ingin sharing ilmu tentang bagaimana mengelola fakultas tentunya dengan UMY. Mengapa UMY? Karena kami pikir UMY sangat dinamis, perubahan yang terjadi di sini sejak terakhir kali kami datang lima tahun yang lalu, sudah sangat drastis,” ungkapnya.

Menurutnya juga tidak ada salahnya ketika sebuah Universitas Negeri datang ke Universitas Swasta. “Justru kami disini ingin belajar dari PTS, dengan kata lain negeri berpikir swasta. Karena selama ini yang kita tahu bersama, di PTN diberikan subsidi oleh Pemerintah, sementara Swasta kan tidak. Mereka bertahan dengan kreatifitas kebijakan kampus, jadi itulah yang ingin kami tahu di sini.”

Kaprodi KPI UMY Twediana kemudian menimpali maksud tujuan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan menjelaskan bahwa sistem kebijakan yang diterapkan UMY memanglah sangat mendetail. “UMY di bawah kepemimpinan Rektor saat ini, kami memiliki lima wakil Rektor, jadi kami memisahkan urusan-urusan itu secara lebih detail lagi. Mulai dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Keuangan dan Aset, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK. Sampai di Fakultas pun memiliki dua wakil dekan yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik dan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Kemahasiswaan,” tukasnya.

Dalam kunjungannya kali ini, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengirimkan 24 delegasi ke UMY. Pada akhir acara diadakan foto bersama di Wall of Fame Lobby AR. Fachruddin A UMY. (hbb)