Bambang Cipto Resmi Menjadi Rektor UMY

Januari 2, 2013 oleh : BHP UMY

_MG_8355

Guru Besar Jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI-UMY), Prof. Dr. Bambang Cipto, MA. kini resmi menjadi Rektor UMY. Masa jabatan rektor yang akan ditempuh selama periode 2012-2016 ini menggantikan rektor sebelumnya Ir. M. Dasron Hamid, M. Sc. sebagai Rektor UMY masa bakti 2008-2012.

Proses pelantikan rektor baru ini dilakukan langsung oleh ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah, Chairil Anwar. Pelantikan yang berlangsung di Ruang Sidang AR. Fakhruddin B Kampus Terpadu UMY ini juga dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Kopertis wilayah V, dosen-dosen UMY serta sejumlah tamu undangan.

Setelah menyatakan bahwa dirinya sanggup menjadi Rektor UMY periode 2012-2016, Bambang kemudian mengucapkan janji pelantikan. “Untuk menjalankan kemaslahatan Muhammadiyah, maka dengan bersungguh-sungguh akan menegakkan nilai-nilai Muhammadiyah dan kepribadiannya, mengetahui perundang-undangan dan penyelenggaraanya, serta membimbing para mahasiswa maupun staf di segala kebijakan dan tindakannya”.

“Saya berjanji berpegang teguh pada pedoman Alquran dan sunnah rasul, mematuhi peraturan perundangan di perguruan tinggi, dan mampu membina semangat kebersamaan dan kerukunan dalam lingkungan kerja dan juga dalam menjalani kerjasama dengan persyarikatan Muhammadiyah,” ujar mantan wakil Rektor I UMY periode 2010-2012.

Sementara itu, Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Malik Fajar, menyatakan bahwa pendidikan itu tidak akan pernah ada akhirnya. “Adanya pendidikan dapat menumbuhkan dan membangun generasi yang akan datang dengan lebih baik. Karena itulah, pendidikan tidak ada akhirnya, selalu memulai lagi dari satu titik ke titik berikutnya,”ujarnya.

Senada dengan Ketua PP Muhammadiyah, Koordiantor Kopertis V, Bambang Suoriyadi menambahkan harapan untuk dunia pendidikan dengan dilantiknya Rektor baru UMY. “Dengan dilantiknya Bambang Cipto, diharapkan bisa menjadi orang nomor 1 dalam melakukan terobosan baru dalam dunia pendidikan,” imbuhnya.