Wujudkan Pengembangan Daerah dalam Bidang Pendidikan dan Penelitian, Kabupaten Bojonegoro Ajak Kerjasama UMY

September 15, 2015 oleh : BHP UMY

Menunjang pembangunan sebuah Kabupaten pada dasarnya dipengaruhi berbagai hal, yang salah satunya yaitu adanya campur tangan bidang akademisi yang turut membantu pembangunan dalam hal pendidikan dan penelitian. Untuk mewujudkan Kabupaten Bojonegoro sebagai Kabupaten percontohan dalam sektor pendidikan serta penelitian, Kabupaten Bojonegoro pun mengajak Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk bekerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Penandatanganan nota kesepahaman bersama (MOU) yang secara langsung ditandatangani oleh Bupati Bojonegoro, Drs. Suyoto M.Si dengan UMY ini dilaksanakan pada Selasa (15/9) bertempat di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana lantai 1 kampus terpadu UMY.

Drs. Suyoto mengungkapkan, dalam sebuah sistem pemerintahan dibutuhkan kemampuan politik yang harus ditopang dengan kemampuan ilmu pengetahuan, disertai dengan penelitian dalam membangun sebuah daerah. Selain itu, tingkat produktifitas masyarakat sebuah Kabupaten juga harus semakin ditingkatkan sebagai wujud membantu pemerintah pusat dalam memperbaiki kondisi pendidikan, ekonomi, dan sosial bangsa Indonesia. “Peningkatan produktifitas masyarakat dibutuhkan jika melihat kondisi ekonomi Indonesia saat ini, di Bojonegoro peningkatan pengembangan dalam bidang pendidikan, dan pengolahan pangan, menjadi konsentrasi utama pemerintah yang menjadi salah satu peningkatan produktifitas yang paling nyata,” ungkapnya.

Atas hal itu, sebagai penunjang peningkatan aspek-aspek dalam bidang pendidikan, dan pengembangan pangan dibutuhkan peran serta akademisi dalam membantu peningkatan tersebut, dalam hal pemikirian, dan dari segi penelitian terbarukan. “Kami berharap dengan terjalinnya kerjasama antara pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan UMY dapat semakin mengnsinergikan tingkat produktifitas dan kemampuan sumber daya manusia masyarakat Kabupaten Bojonegoro,” tambahnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P selaku Wakil Rektor 1 UMY mengungkapkan, terjalinnya kerjasama ini akan menambah khazanah keilmuan bagi para akademisi di UMY, khususnya mahasiswa yang nantinya akan melakukan pengembangan melalui kegiatan pengabdian masyarakat. “Kerjasama yang dilakukan hakekatnya merupakan khazanah keilmuan, dimana selain para akademisi UMY yang akan menyumbangkan pemikiran, dan pengabdian, masyarakat Kabupaten Bojonegoro juga akan turut menyumbangkan ilmu sosial kemasyarakatan kepada akademisi UMY yang nantinya akan melakukan pengabdian, dan melakukan pengembangan pendidikan di sana,” ucapnya.

Ditambahkan Ir. Guanawan, diharapkan kerjasama yang dilakukan oleh UMY dengan Kabupaten Bojonegoro ini dapat meningkatkan kemampuan kapasitas bagi kedua belah pihak. “Perlu adanya pengembangan kapasitas yang terjadi setelah kerjasama ini dilakukan, dan saya berharap kerjasama ini akan semakin berkembang dengan sektor-sektor lainnya, dan akan selalu dipertahankan, ” tambahnya.