World Class University Jadi Tumpuan Arah Kebijakan UMY Mendatang

Agustus 13, 2014 oleh : BHP UMY

Penandatangan berita acara hasil arah kebijakan UMY

World Class University atau Universitas Kelas Dunia masih menjadi perhatian besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Capaian itu pun menjadi tumpuan dari ditentukannya arah kebijakan UMY yang akan berlaku mulai tahun ajaran 2014-2015 mendatang. Arah kebijakan tersebut pun telah disampaikan kepada seluruh pimpinan dan core unit UMY, pada penutupan Rapat Kerja Tahunan UMY, Selasa (12/8) di gedung AR. Fachruddin B lantai 5 Kampus Terpadu UMY.

Dr. Mukti Fajar Nur Dewata, S.H., M.Hum, kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMY menjelaskan, secara umum arah kebijakan universitas tersebut terangkum dalam dua hal, yakni peningkatan mutu akademik dosen dan peningkatan mutu kerjasama. Dari segi peningkatan mutu akademik dosen, UMY berkomitmen untuk terus mendukung semua kegiatan akademik dosen, baik berupa publikasi ilmiah (jurnal), penerbitan buku, presentasi paper nasional maupun internasional, serta peningkatan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Peningkatan mutu akademik dosen tersebut, menurut Mukti akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di UMY. Selain itu juga akan mempercepat peningkatan pangkat dan jabatan dosen, baik itu untuk menjadi Lektor Kepala ataupun Guru Besar. “Upaya peningkatan mutu akademik dosen ini juga dilakukan dengan bentuk percepatan studi lanjut S3 di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Sedangkan untuk peningkatan mutu kerjasama, lanjut Mukti, dilakukan dengan cara membuat perjanjian kerjasama yang bersifat akademik, seperti melakukan riset, penelitian, pengabdian masyarakat, student exchange, ataupun visiting lecture. “Dalam hal kerjasama ini, kami utamakan dilakukan dengan universitas atau institusi-institusi di luar negeri. Sebab ini juga untuk mendukung proses internalisasi World Class University,” paparnya.

Mukti juga menambahkan, bahwa semua peningkatan mutu tersebut merupakan upaya UMY untuk menjaga reputasi dan rangking sebagai kampus swasta besar di Indonesia. “Selain itu juga memberikan jaminan pada mahasiswa, bahwa semua kegiatan akademik di UMY ini berkualitas,” imbuhnya.

Dalam acara penutupan RKT UMY 2014 ini juga dilakukan penandatanganan berita acara hasil arah kebijakan UMY yang ditandangani oleh Rektor UMY, Wakil Rektor I, II, dan III, serta Badan Pembina Harian (BPH) UMY. Selain itu juga, dilakukan penyerahan penghargaan kepada Fakultas Hukum UMY  sebagai core unit terbaik, berdasarkan penilaian AMNAI, monitoring dan evaluasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), laporan kinerja unit kerja atau program penilaian. Penilaian tersebut juga dilakukan oleh BPM UMY dengan asesor internal.

IMG_0289

Para pimpinan dan staf Fakultas Hukum UMY, sebagai core unit terbaik

IMG_0267

Rektor UMY, Prof. Bambang Cipto, MA menyerahkan Piala Bergilir kepada dekan Fakultas Hukum UMY, Dr. Trisno Raharjo, S.H., M.Hum., sebagai core unit terbaik

Sharing is caring!