Warung Prancis UMY Terbaik Se-Indonesia

Februari 9, 2015 oleh : BHP UMY

IMG_3054Sejak diresminkan pada tanggal 18 Desember 2014 lalu, Warung Prancis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (WP-UMY) sudah berhasil menorehkan prestasi. Warung Prancis UMY ini terpilih sebagai WP terbaik peringkat 1 dari 36 WP yang ada di Seluruh Universitas di Indonesia yang memiliki hubungan kerjasama dengan Institute Francais Indonesia (IFI). Pengumuman pemenang Lomba WP terbaik yang diselengarakan sejak September 2014 lalu diumumkan pada acara pertemuan rutin tahunan penanggung jawab WP se-Indonesia di Jakarta pada 6 Februari 2015.

Oleh karena dedikasinya sebagai penanggung jawab WP di UMY, Puthut Ardianto, S.Pd., M.Pd dan Fahrizal Ramadhan mendapatkan hadiah utama perjalanan ke Prancis pada musim panas 2015 mendatang. Pengumuman pemenang diumumkan secara simbolis oleh Direktur IFI Betrand de Hartingh dan atase Kerjasama Universitas Antoine Devoucoux du Buysson bertempat di Kantor IFI Keudataan Prancis di Jakarta pada 6 Februari 2015 lalu.

Menurut Puthut Ardianto, WP UMY berhasil menjadi yang terbaik diantara 36 WP se-Indonesia karena keaktifitan kegiatan regular WP UMY. Seperti penyelenggaraan seminar, aktif di media sosial baik di Facebook maupun di Twitter. Selain itu yang ikut mendukung keaktifan WP UMY adalah pihaknya selalu mengadakan nonton film Prancis dengan nama kegiatan “Layar Prancis”, yang merupakan agenda rutin WP UMY.

“Penilaiannya meliputi kegiatan regular yang kita lakukan di WP UMY, misalnya kita punya Club Francais yang dipandu oleh native speaker dari Prancis bernama Karine Josse. Kami juga punya kegiatan cooking class dari Karine, lalu kami juga sering mengadakan seminar mengenai studi di Prancis bekerjasama dengan IFI dan kami unggul dalam penggunaan sosial media Facebook dan Twitter yang comprehensive dan konsisten,” ujar Puthut saat dihubungi oleh BHP UMY, Senin (9/2).

Puthut berharap, bahwa dengan penghargaan ini bisa dijadikan penyemangat bagi dirinya dan rekannya Fahrizal agar bisa terus mengembangkan WP UMY. Dirinya juga berharap dengan prestasi yang diperoleh oleh WP UMY, mahasiswa UMY dan Masyarakat Yogyakarta umumnya bisa memanfaatkan fasilitas dan kegiatan yang diadakan oleh WP UMY.

“Penghargaan ini sebagai penyemangat kami berdua untuk lebih menyemarakkan Warung Prancis UMY. Saya juga berharap, lebih banyak lagi mahasiswa UMY dan Jogja pada umumnya, untuk memanfaatkan fasilitas dan kegiatan di Warung Prancis UMY”, Ujar dosen Pendidikan Bahasa Inggris UMY ini.

Puthut menambahkan, bahwa dirinya serta rekannya berharap kepada universitas agar lebih mendukung dari segi pendanaan kegiatan dan fasilitas, karena dirinya melihat WP yang lainya didukung penuh oleh universitasnya. WP UMY selain WP terbaik juga sudah memiliki standar pelaksanaan kegiatan yang belum dimiliki oleh WP lainnya di seluruh Indonesia.

“Harapan kami bagi universitas, WP UMY bisa lebih didukung dari segi pendanaan kegiatan dan fasilitas, mengingat WP lainya disupport penuh oleh universitasnya, tapi sayangnya mereka belum memiliki panduan dan tradisi pelaksanaan sementara kami sudah memilikinya. Karena itu kami kemarin secara tidak langsung sudah memberikan standar pelaksanaan kegiatan WP kepada WP-WP lainya,” jelas Puthut.

Selain mengelola Warung Prancis yang ada di UMY, Puthut bersama Fahrizal juga sering mengikuti pertemuan rutin tahunan dan pelatihan yang diadakan oleh IFI dan Kedutaan Prancis di Jakarta. Pelatihan yang ia ikuti bernama Culturtheque, yaitu pelatihan meliputi pemanfaatan media online untuk mengenal Prancis lebih jauh. Dimana nantinya semua pengunjung Warung Prancis dapat memiliki akun gratis Culturtheque dan bisa mengakses semua info tentang bahasa, budaya, masakan dan hal lainnya yang berkaitan dengan Prancis. (Shidqi)