Berita

Warung Prancis UMY Kembali Raih Predikat WP Terbaik se-Indonesia tahun 2018

Warung Prancis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (WP UMY) kembali mendapatkan penghargaan WP de l’année (WP terbaik) tahun 2018 dari Institut Français d’Indonésie Jakarta (IFI Jakarta). Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diraih oleh Warung Prancis UMY setelah mendapatkan penghargaan WP Terbaik pada 2015 lalu. Penghargaan tersebut didapat pada acara seminar Warung Prancis se-Indonesia yang dihadiri oleh 22 (dua puluh dua) penanggungjawab Warung Prancis di Seluruh Universitas di Indonesia yang memiliki hubungan kerjasama dengan IFI.

Melalui rilis yang diterima Biro Humas UMY pada Kamis (09/08) Puthut Ardianto, M. Pd. selaku penanggungjawab Warung Prancis UMY mengatakan, WP UMY berhasil menyabet penghargaan ini karena keanekaragaman program yang telah terselenggara selama setahun terakhir. “Kami WP UMY selalu berusaha untuk merangcang kegiatan WP UMY seunik dan semenarik mungkin, contohnya ide menggunakan istilah menu warung Prancis berasal dari penyebutan warung itu sendiri. Karena namanya warung jadi perlu ada menu dong” jelas Puthut. Ia menambahkan, meskipun warung, menunyapun istimewa. Puthut menyebutkan ada Entrée, Plat Principal, dan Dessert di Warung Prancis UMY.

WP UMY mengirimkan 2 (dua) delegasinya untuk menghadiri acara seminar tahunan tersebut yaitu Puthut Ardianto, M. Pd. dan Whiby Tirta Ardianto. Seminar Warung Prancis kali ini diselenggarakan pada tanggal 9 -10 Juli 2018 di gedung IFI Jakarta. Acara ini dibuka oleh Marc Piton selaku Direktur IFI dan Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia. Marc Piton dalam pidato pembukaan menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pengelola Warung Prancis yang telah menjadi tangan kanan Kedutaan untuk mempromosikan Prancis pada level universitas di Indonesia.

Selain pemberian penghargaan, berbagai agenda dalam seminar tersebut telah terlaksana dengan baik seperti FGD, Presentasi Warung Prancis, presentasi tentang pendidikan Prancis, presentasi jaringan alumni Prancis, pelatihan penggunaan Culturethèque, Ifcinéma, dan sosial media yang bertujuan untuk membekali para pengelola WP untuk dapat mengelola WP sesuai dengan standar yang diharapkan oleh IFI. Kegiatan ini juga menjadi sebuah pertemuan antar Warung Prancis untuk saling bertukar pikiran dan membangun relasi untuk kedepannya.

“Dengan predikat WP Terbaik yang kami sandang sejak tahun 2015 ini, kami berharap bisa lebih meningkatkan kreatifitas kami dalam menyelenggarakan program-program baik mingguan maupun tahunan. Di samping itu, kami ingin lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar kaitannya dengan pengenalan budaya dan Bahasa Prancis,” pungkas Puthut.(pras)

Share This Post

Berita Terkini