Warung Prancis UMY Genap 4 Tahun

November 29, 2017 oleh : BHP UMY

Tepat pada 28 November 2017, Warung Prancis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (WP UMY) telah memasuki usianya yang ke-4 tahun. Pada usianya yang cukup terbilang muda ini WP terus meningkatkan kualitasnya dengan melaksanakan berbagai kegiatan tentang Prancis seperti pesta budaya Prancis, diskusi pendidikan Prancis, Festival Film Prancis dan sebagainya.

Puthut Ardianto S.Pd., M.Pd selaku Penanggung Jawab Warung Prancis di UMY menyampaikan bahwa hingga usianya yang ke-4 tahun ini, WP UMY sudah berhasil menorehkan prestasi yakni meraih peringkat 1 dari 36 WP yang ada di seluruh universitas di Indonesia. “Pada usianya yang ke-4 tahun ini kami bersyukur masih bisa aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk mahasiswa, khususnya yang berminat belajar bahasa Prancis. WP UMY juga memiliki hubungan kerjasama dengan Institute Francais Indonesia (IFI). Ini merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa yang ingin belajar tentang Prancis baik dari budaya, pendidikan, politik, bahasa, film dan lain sebagainya. Kami sangat bangga karena pihak universitas juga mendukung penuh WP UMY, karena pada dasarnya kami harus bisa menjembatani mahasiswa agar lebih produktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan seperti WP,” papar Puthut saat sambutan pembukaan 4 tahun Warung Prancis UMY pada Selasa (28/11) di Hall Warung Prancis UMY.

Lebih Lanjut Puthut menambahkan bahwa untuk siapapun mahasiswa yang ingin memahami bahasa Prancis harus memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar secara intens. “Untuk memulai pendekatan dengan Negara Prancis bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mendengarkan lagu-lagu maupun dengan menonton film. WP UMY sendiri memiliki cukup banyak fasilitas baik itu literatur Prancis, media cetak Prancis, film, kamus, peta dan referensi budaya yang ada di Prancis. Maka saya berharap agar mahasiswa bisa memanfaatkan WP ini sebaik mungkin agar tetap aktif dan bisa mengembangkan minat bakat mahasiswa,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh Sarah Camara selaku Direktur Institute Francais Indonesia (IFI) Yogyakarta. Ia mengutarakan bahwa Warung Prancis harus menjadi pusat informasi bagi mahasiswa atau masyarakat umum dalam memperkenalkan Prancis. “WP UMY telah melakukan kontribusi yang sangat bagus terhadap kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Prancis. Saya bisa merasakan antusiasme mahasiswa sangat tinggi, terlebih ada banyak mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Prancis. Maka hal ini jangan sampai kita biarkan, harus kita rangkul sepenuhnya dan membuka pikiran mahasiswa bahwa untuk studi di Prancis maupun memahami bahasa dan budaya tidak sesulit yang dibayangkan. Karena saat ini juga banyak orang Indonesia yang berhasil studi di Prancis dan mampu beradaptasi dengan baik. Selain itu WP UMY juga merupakan WP yang paling aktif dalam melaksanakan kegiatan. Karena saya percaya, untuk bisa sampai hingga tahun ke-4 ini WP UMY mempunyai pengelolaan yang bagus dan terjalin kerja sama kuat serta loyalitas yang tingggi. Untuk itu saya berharap agar WP UMY tetap bisa aktif dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang unik dan kedepannya semoga semakin berjaya, hebat, kompak dan sukses, “ ujar Sarah. (Sumali)

Sharing is caring!