Warung Prancis UMY Ajak Belajar Bahasa Prancis Lewat Kuliner di Pekan Franchoponie 2019

Maret 20, 2019 oleh : BHP UMY

Wakil Rektor UMY Bidang AIK, Kemahasiswaan dan Alumni, Hilman Latief, PhD

Franchoponie merupakan istilah untuk suatu negara yang menggunakan bahasa Prancis sebagai salah satu bahasa resmi dan digunakan sehari-hari oleh masyarakat di negara tersebut. Hingga saat ini ada sebanyak 37 negara Franchoponie di dunia, tepat hari ini Rabu (20/3) merupakan perayaan hari Franchoponie sedunia. Oleh karena itu sebagai Warung Prancis (WP) terbaik di Indonesia WP Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ikut serta merayakan hari tersebut dengan rutin membuat acara Pekan Franchoponie setiap tahunya.

Pada tahun ini dikatakan oleh Puthut Ardianto, M. Pd. Penanggung jawab Warung Prancis UMY pekan Franchoponie akan diadakan selama 3 hari yaitu dari tangggal 18-20 maret 2019. Ia juga mengatakan pada tahun ini pengunjung akan diajak jalan-jalan ke 10 negara Franchoponie melalui santapan khas dari tiap negara. “Selain diajak untuk mengenal budaya serta bahasa Prancis, dalam perayaan Franchoponie pada tahun ini kami memang sengaja menyediakan kuliner khas dari 10 negara Franchoponie yang dapat disantap oleh pengunjung,” terangnya.

Selain kuliner, dalam pekan Franchoponie juga diadakan Kahoot Championship, Crafting dari majalah bekas, juga France Movie Maratho. Melalui hal tersebut Phutut mencoba untuk memberikan pemahaman cross culture untuk mahasiswa UMY yang hadir maupun tamu serta peserta lainya. Menurutnya pemahaman akan budaya lain di dunia merupakan salah satu bekal generasi muda Indonesia untuk menggapai masa depan. Oleh karena itu ia berharap setiap tahunya WP UMY dapat memberikan kontribusi besar bagi mahasiswa-mahasiswa UMY maupun umum sebagai tempat dimana mahasiswa dapat belajar budaya dan bahasa Prancis. Tentunya dengan program dan agenda kreatif yang disuguhkan WP setiap tahunnya.

Menanggapi hal tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK UMY, Hilman Latief, MA, PhD, dalam sambutanya mengungkapkan UMY akan terus konsisten dalam meraih cita-citanya untuk menjadi International Reputable University. UMY akan mendukung beragam acara bersifat cross culture yang digelar di UMY seperti Pekan Franchoponie ini. “UMY akan mendukung terus mahasiswa yang ingin mengembangkan potensinya. Saya harap WP ini bukan hanya tempat ngumpul saja namun maksimalkan dan kembangkan potensi kalian di sini, insyaallah tahun depan kita akan memberangkatkan beberapa mahasiswa ke Prancis untuk belajar di sana,” ungkapnya. (Pras)