Vietnam Kembali Juarai ABU Robocon 2015, Indonesia Runner Up 2

Agustus 23, 2015 oleh : BHP UMY

Vietnam kembali berhasil membawa pulang Piala ABU Robocon 2015 dan ABU Robocon Award. Keberhasilan Vietnam yang diwakili oleh Hung Yen University of Technology sebagai juara ABU Robocon 2015 ini, mengukuhkan mereka sebagai juara bertahan dari kontes ABU Robocon 2014.

Pada kontes ABU Robocon 2015 yang diselenggarakan di Sportorium kampus terpadu UMY pada Minggu (23/8) ini, Vietnam memperoleh kemenangannya saat melawan Hong Kong dengan skor akhir 5-1. Sebelumnya, pada babak semi final Vietnam melawan tim dari Indonesia yang diwakili oleh mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung. Pada babak semi final ini, Vietnam berhasil mengungguli tim Indonesia dengan skor 5-1.

Menurut pengakuan Restu Ikhsanul Fikri, ketua tim Dagominton ITB, mengaku tidak menyangka Vietnam bisa masuk ke babak final dan menjadi juara. Padahal sebelumnya ia bersama teman-temannya mengira tim dari China yang akan menjadi tim terkuat, karena robot badminton miliki China sudah otomatis, sementara robot milik tim lainnya masih manual. “Kami sempat mengira kalau yang akan unggul dan jadi lawan terberat itu China, tapi ternyata Vietnam,” ungkapnya.

Restu pun mengakui jika pada saat melawan tim Vietnam ini, strategi yang mereka gunakan salah. Karena itu mereka ketinggalan skor saat melawan Vietnam. Padahal saat melawan tim dari Thailand, mereka unggul 5-2. “Kami salah strategi. Sedangkan tim dari Vietnam itu ternyata strateginya lebih baik dari kami. Karena itu, kami mohon maaf sebesar-besarnya pada Indonesia. Karena belum bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ujarnya.

Adapun pemenang pada kontes robot ABU Robocon 2015 ini yakni, Juara Robocon 2015 dan penerima ABU Robocon Award adalah Vietnam, Runner Up 1 diraih oleh Hong Kong, Runner Up 2 yang pertama diraih oleh Indonesia, sedang Runner Up 2 yang kedua diraih oleh Thailand. Best Idea Award diberikan pada Nepal, Best Engineering Award China, dan Best Desain Award Malaysia. Kemudian untuk Special Award diberikan dari Panasonic Award kepada ITB, Toyota Award kepada India, Mabuchi Motor Award untuk Nepal, Nagase Award untuk Jepang, Rhom Award untuk Thailand, dan NOK Award untuk China.

Kontes robot ABU Robocon ini juga akan diselenggarakan kembali tahun depan di Bangkok, Thailand. Tema pada ABU Robocon 2016 ini adalah Clean Energy Recharging The World yang berfokus pada energi terbarukan untuk memperbaiki bumi.