Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Kunjungi LP3M UMY

Oktober 21, 2016 oleh : BHP UMY

img_1694

Lembaga Penelitian, Pengembangan Pendidikan, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY kembali kedatangan tamu. Kali ini LP3M mendapat kunjungan dari Rombongan Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang pada Jumat (21/10). Rombongan dipimpin langsung oleh Rektor UNIS Tangerang, Prof. Dr. Mustafa Kamil dan diterima oleh Kepala Divisi Publikasi dan Penerbitan LP3M, Budi Nugroho, SIP di Kantor LP3M Gd. D lt.2.

Prof.Dr. Mustafa Kamil, selaku Rektor Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang menyatakan tujuan kunjungannya ke UMY untuk belajar mengelola lembaga penelitian dan pengembangan masyarakat khususnya LP3M yang ada di UMY. “Ada beberapa kekurangan pada lembaga kami, dari segi peningkatan kapasitas riset dan pengabdian masyarakat. Kita mencontoh UMY karena Kampus kami kurang lebih sama dengan UMY, yaitu berbasis Agama Islam,”ujarnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi sambutan UMY kepada mereka. UMY dinilai baik dalam mengelola lembaga penelitian dan publikasi jurnal. “Kami sangat bangga sekali diterima di UMY ini sehingga kami bisa belajar banyak bagaimana cara meningkatkan kapasitas dosen dalam hal penelitian, cara meningkatkan kapasitas dosen dalam pengabdian masyarakat, begitu juga cara meningkatkan kapasitas dosen dalam publikasi ilmiah. Ternyata dalam rangka meningkatkan budaya akademik dalam konteks Publikasi Ilmiah, UMY benar-benar sangat baik. Di UMY beberapa publikasi ilmiah bereputasi Internasional, dan UMY juga punya jurnal yang terakreditasi Dikti, dan beberapa jurnal ilmiah yang sudah memperoleh ISSN. Kami juga belajar tentang pengelolaan lembaga (kalau disini LP3M) begitu efisien dengan struktur organisasi yang dimilikinya, tetapi mereka bisa menghasilkan produk yang begitu besar,”tuturnya.

Mustafa berharap kunjungan ini dapat memberi manfaat dan menjadikan UNIS Tangerang lebih terpacu dalam mendorong peningkatan publikasi dan riset dosen. “Kami akan bawa pulang apa yang kami dapat ini, semoga dapat bermanfaat sehingga kami lebih terpacu. Pelajaran dan perhatian bagi kami untuk mendorong publikasi ilmiah dosen. Juga mendorong budaya akademik dalam bidang riset bagi dosen kami, “harapnya.

Senada dengan Prof. Mustafa, Budi Nugroho selaku Kepala Divisi Publikasi dan Penerbitan LP3M UMY menyatakan apresiasinya terhadap kunjungan dari UNIS Tangerang. “Kami sangat senang mendapat kunjungan dari UNIS Tangerang. Kami berharap dengan adanya kunjungan ini kita bisa saling belajar mengenai pengelolaan lembaga penelitian, dan publikasi ilmiah,” ungkapnya.(bagas)