UMY Wisuda 889 Sarjana S1 dan S2

Oktober 18, 2014 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mewisuda mahasiswa-mahasiswinya pada tingkat Strata 1 (S1) dan Strata 2 (S2). Pada wisuda periode I tahun akademik 2014/2015 ini sebanyak 889 sarjana diwisuda langsung oleh Rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto MA.

Prosesi wisuda yang memakan waktu selama tiga jam ini dilaksanakan di Sportorium UMY, Kampus Terpadu UMY, Sabtu (18/10). Ke-889 wisudawan tersebut terdiri dari 5 wisudawan Program Vokasi, 805 wisudawan Program Sarjana, dan 79 wisudawan dari Program Pascasarjana.

Rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto MA dalam sambutannya mengatakan, bahwa perjuangan dan pendidikan bagi para wisudawan tersebut tidak hanya berhenti setelah menyandang status sebagai sarjana. Perguruan tinggi, khususnya UMY, menurutnya hanya memberikan sebagian kecil mengenai pendidikan dan pengetahuan. “Selebihnya, pendidikan dan pengetahuan yang sebenarnya akan diperoleh setelah kalian keluar dari universitas ini. Karena di sanalah (dunia luar) yang akan menjadi ladang dan sumber pendidikan yang sebenarnya,” ujarnya.

Prof. Bambang juga berpesan, bahwa tantangan dunia luar saat seseorang terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat, juga tidak bisa hanya dihadapi dengan mengandalkan pendidikan formal semata. Akan tetapi, juga dibutuhkan metode dan skill lainnya yang tidak diperoleh dari pendidikan formal. Ia mencontohkan dengan pembiasaan shalat malam (tahajjud) dan membaca al-Qur’an.

“Kebiasaan-kebiasaan kalian seperti shalat malam dan mengaji harus tetap di jalankan, sekalipun sudah tidak menjadi mahasiswa UMY lagi. Sebab kedua hal itu akan menjadi kekuatan utama kalian dalam menghadapi tantangan di dunia luar,” tegasnya.

Sementara itu, Cinky Priyanto, S.T, mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Teknik UMY, selaku wisudawan terbaik S1 mengungkapkan, dirinya merasa bersyukur bisa menuntun ilmu di salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik. Karena UMY, menurutnya dapat menunjang segala aktivitas dan prestasinya baik di dalam maupun di luar perkuliahan. “Kami bersyukur bisa menuntut ilmu di sini. Karena UMY terus mendukung kami untuk berprestasi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang juga telah banyak mengorbankan dan mendoakan kesuksesan kami,” ungkapnya.

Cinky juga berpesan kepada teman-temannya bahwa sekalipun nantinya mereka akan terpisah, untuk menjalani kehidupannya masing-masing, namun ia tetap berharap dukungan antar semua temannya tidak berhenti. “Kita harus tetap mendukung dan saling bekerjasama demi meraih cita-cita kita. Dan hal terpenting pula kita tetap bisa saling memaafkan dan menjadi pemaaf,” imbuhnya.

Dalam wisuda kali ini, UMY juga memberikan penghargaan kepada empat wisudawan terbaiknya. Cinky Priyanto, S.T sebagai Wisudawan Lulus Terbaik S1 dengan nilai IPK 4, Vonny Nurmalya Megawati, M.Kep sebagai Wisudawan Lulus Terbaik S2 dengan IPK 3,94, Elan Furwanti, S.Kep Wisudawan Lulus Termuda dalam usia 20 tahun, dan Retno Dwi Apriandini, S.E Wisudawan Lulus Tercepat. Selain itu, Fakultas Pendidikan Bahasa juga untuk pertama kalinya meluluskan mahasiswanya sebanyak 8 orang wisudawan. ​