UMY Utamakan 3 Pilar Pembinaan Bagi Mahasiswanya

Desember 23, 2013 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki 3 pilar pembinaan kemahasiswaan yaitu berlandaskan spiritual, intelektual dan kepedulian sosial. Ketiga hal tersebut merupakan output dan tujuan yang berusaha ditanamkan dalam diri mahasiswa UMY melalui training ataupun berbagai kegiatan yang direncanakan oleh UMY khususnya oleh Bidang Kemahasiswaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa UMY Sri Atmaja P Rosyidi, Ph.D, dalam pembukaan kegiatan Team Building dan Outbond bagi anggota pengurus BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) UMY yang dilaksanakan pada Minggu (22/12) di Pondok Tingal Borobudur Magelang.
Sri Amaja mengatakan, dalam mewujudkan 3 pilar pembinaan ini dilakukan beberapa pendekatan, diantaranya melalui pendekatan kognitif atau mengasah pola pikir mahasiswa, pendekatan afektif atau komunikasi yang mana terkait dengan karakter dan perilaku mahasiswa, lalu psikomotorik yang mana kali ini diwujudkan dengan kegiatan outbond. “Mudah- mudahan dengan usaha, tercapai apa yang kita inginkan,” katanya.
Kegiatan yang diikuti oleh 24 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ini, dimulai dengan materi Team Building dengan gamesdan ditutup dengan rafting bersama di sungai Elo. Adapun tujuan acara ini sebagai ajang mempererat persaudaraan dan solidaritas antar UKM. “setiap lembaga itu perlu kekompakan untuk menuju satu visi dan misi. Begitu juga UMY, mahasiswanya harus tetap semangat dan kompak dalam berkarya,” ungkap Sri Atmaja.
Selain kegiatan Team Building dan Outbond, Kepala Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa UMY juga mensosialisasikan secara singkat beberapa Standard Operating Procedure (SOP) dalam penyusunan anggaran, pengajuan proposal kemahasiswaan, beserta alurnya. “Hal ini penting diketahui para pengurus organisasi karena merupakan standar dalam menjalankan administrasi organisasi,” ungkap Sugito, S.IP, M.Si.
Sugito juga mengajak mahasiswa untuk lebih aktif dalam berkarya. Dengan banyaknya karya mahasiswa tersebut juga menandakan kualitas suatu universitas. Selain itu, UMY akan memberikan penghargaan pada setiap UKM yang berprestasi dan aktif dalam kegiatan pengembangan diiri mahasiswa. “Percayalah, setiap kegiatan yang kalian lakukan saat mahasiswa, sangat bermanfaat nantinya setelah lulus dari UMY. Saya sendiri sangat merasakan manfaat apa yang saya lakukan saat mahasiswa dulu,” ungkapnya. 
Sedangkan  Mujib, selaku perwakilan dari  UKM Pers Mahasiswa Nuansa, mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan oleh kemahasiswaan ini sangat bermanfaat. karena selain dapat melatih untuk membetuk teamwork yang baik juga mampu mempererat tali silaturahmi antar anggota UKM. “Banyak cara dan tips untuk menjadi pemimpin yang baik, dan itu saya dapatkan dari acara ini. Serta kebersamaan dan banyak hal lainnya,” ungkap Ketua UKM Nuansa UMY ini. (syah)