UMY undang Anak Yatim berbuka Puasa

Sebagai contoh peningkatan kualitas ibadah di Bulan Ramadhan, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM UMY) bersama Takmir Masjid K. H. Ahmad Dahlan dan Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY mengadakan Buka Bersama Anak Yatim di Masjid K. H. Ahmad Dahlan UMY, Minggu (22/8). Dalam hal ini panitia mengundang 80 Anak dari Panti Asuhan Putra Muhmaadiyah Miftahun  Najjah, Banguntapan Bantul.

Buka Bersama ini merupakan rangkaian dari kegiatan besar yaitu “Ramadhan di Kampus” yang telah diadakan terhitung 10 Agustus dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1431 H. Menurut Staf Sekretaris RDK Sudarsono, Buka Bareng ini dikemas dalam bentuk pengajian yang diselingi hiburan  oleh Mahasiwa-mahasiswa UMY. “Kami kemas seperti ini agar menarik respon anak-anak panti yang memang terlihat begitu antusias” terangnya di Kampus Terpadu, Senin (23/8).

Kegiatan yang dimulai pada pukul 16.30 WIB ini dibuka oleh penampilan nasyid oleh mahasiswa-mahasiwa Fakultas Kedokteran UMY yaitu Natural. Dialnjutkan dengan pengajian singkat oleh Ustadz Kamiran Komar sebelum bersama-sama melakukan buka puasa. Untuk menambah keebersamaan, makan malam mereka diiringi oleh grup Nasyid Corps Dakwah Seni (CDS) sebelum melakukan jamaah shalat Isya dabn Tarawih.

Selain Anak Panti, Kegiatan ini juga diikuti masyarakat UMY dari berbagai kalangan, satpam, karyawan, hingga dosen.

Dalam menyambut dan melaksanakan Bulan Ramadhan 1431 H, Takmir Masjid K. H. Ahmad Dahlan bersama LPPI UMY memang mengadakan  berbagai kegiatan dakwah yang dirangkum dalam tajuk “Ramadhan di Kampus” (RDK). Kegiatan yang bertemakan “Dengan Ibadah Ramadhan Membentuk Manusia Unggul Dan Islami” ini dilaksanakan dari awal Bulan Ramadhan, yaitu 10 hingga 31 Agustus 2010.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, Takmir Masjid dan LPPI UMY terbantu dengan adanya organisasi dakwah di UMY yang ikut berpartisipasi sebagai panitia RDK yaitu Jamaah Al-Anhar (JAA), Ikatan Mahasiswa Muhamamdiyah (IMM) dan Corps Dakwah Seni (CDS). Apalagi dengan bantuan dari Badan Koordiansi TPA Kasihan Bantul. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti Tabligh Akbar, Ta’jilan, Bedah Film, Festival Anak Soleh, Buka bersama Anak Yatim, hingga Sholat Taraweh Ala Mekkah.

Menurut Ketua Panitia RDK Drs. H. Umar Fauzi MA, RDK merupakan kegiatan yang diadakan Takmir pada Bulan Ramadhan setiap tahunnya. Masyarakat UMY pun selalu memiliki antusiasme mengikuti setiap kegiatan RDK. “Dari UMY berdiri, selalu ada RDK. Dan Alhamdulillah selalu ramai, terutama saat ta’jilan buka puasa” terang Umar. Ta’jilan memang merupakan agenda harian yang dilakukan dalam RDK ini. Umar menyebutkan tiap harinya panitia menyediakan 100 bungkus makanan bagi siapapun yang ingin berbuka puasa di masjid.

© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site