UMY Tuan Rumah ABU Robocon 2015

Juni 4, 2014 oleh : BHP UMY

Ilustrasi Robocon sumber: http://www.toyboxdx.com/datafiles/data/popy_data/ga/ga14.htm

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali dipercaya sebagai tuan rumah event berskala internasional. Kali ini UMY diberi amanah menyelenggarakan Kontes Robot Internasional The Asia-Pacific Robot Contest (ABU Robocon 2014) yang akan diikuti oleh mahasiswa dari 18 negara pada Agustus 2015 mendatang. Acara internasional ini merupakan hasil kerjasama Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (DIKTI) , stasiun TV Jepang NHK, dan stasiun TV Indonesia TVRI.

Co-Production and International Broadcast TVRI pusat Dra. Tuty Purwaningsih, MM mengungkapkan, kegiatan tersebut baru pertama kali digelar di Indonesia. Dari sekian banyak nama kota yang dianggap mampu menyelenggarakan kontes bergensi ini namun akhirnya terpilihlah kota Yogyakarta sebagai lokasi penyelenggaraan karena citra Yogyakarta sebagai Kota Pelajar. Selain itu fasilitas yang ada terbilang lengkap serta antusiasme mahasiswa Kota Gudeg terhadap robot cukup tinggi. “Yogyakarta dipilih karena fasilitas memadai dan antusiasime mahasiswa terhadap robot juga tinggi. Diharapkan penonton membludak menyaksikan pertandingan in,” kata Tuty di sela-sela meninjau venue lomba tersebut di Sportorium Kampus Terpadu UMY Kasihan Bantul pada Selasa (3/5).

Terpilihnya UMY sebagai tuan rumah, lanut Tuty, kaena kesepakatan dari pihak DIKTI dan NHK. Ia menilai UMY memiliki fasilitas yang representatif untuk menggelar acara tersebut. Ia juga menyambut baik antusiasme pihak UMY yang mendukung penuh terselenggaranya ajang yang pertama kali digelar tahun 2002 di Tokyo, Jepang itu. “Referensi dari DIKTI ke NHK dan setelah NHK melihat tempatnya sangat representative, NHK setuju. Sambutan pihak UMY juga antusias,” sambungya.

Sementara itu Ahmad Rohim selaku Produser TVRI Pusat untuk acara tersebut mengatakan, pihaknya sengaja mempersiapkan event yang akan diselenggarakan tahun depan itu jauh-jauh hari, lantaran event tersebut merupakan event internasional yang harus dipersiapkan dengan matang. Rohim menyebutkan TVRI akan menyiarkan secara langsung Gelaran ABU Robocon 2015, selain itu hasil produksinya akan ditayangkan di 18 negara yang mengikuti kontes tersebut. “Harus dipersiapkan jauh-jauh hari dan event internasional perisapannya harus matang. Persiapan sudah 40%. Nanti TVRI Pusat akan ada siaran langsung nasional dan hasil produksinya diputar di 18 negara itu,” terangnya.

ABU Robocon merupakan kontes robot tahunan yang diselenggarakan oleh Asia-Pacific Broadcasting Union atau Perserikatan Penyiaran Asia Pasifik. ABU 2015 yang akan diselenggarakan di UMY mengambil tema Badminton Robo, sedangkan Robocon 2014 akan digelar di India pada bulan Agustus tahun ini dengan mengambil tema A Salute for Parenthood.‚Äč (shidqi)