UMY Terpilih Sebagai Executive Member AUAP

Desember 8, 2014 oleh : BHP UMY

5Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk bergabung dalam sebuah wadah internasional seperti AUAP (Association of Universities of Asia and the Pacific). Terlebih lagi dengan ditunjuknya dua pimpinan UMY sebagai tim anggota eksekutif dan ketua komite Country Chapter AUAP yang baru. Kedua pimpinan UMY ini yakni Rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto, MA sebagai anggota Executive Board Members AUAP, dan Wakil Rektor 3 UMY, Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng., Ph.D., PE sebagai Chairman Comitte Country Chapter AUAP dari Indonesia.

Terpilihnya Rektor dan Wakil Rektor 3 UMY sebagai executive member dan ketua komite ini dilakukan setelah diselenggarakannya konferensi internasional AUAP pada 15 hingga 17 November 2014 yang lalu. Konferensi internasional bertemakan “Asian-Pacific Sustainable Development Through Entepreneurship Empowered Knowladge Sharing” ini berlangsung di University of Tehran, Islamic Republica of Iran.

Selain itu perwakilan UMY yang turut hadir dalam Conference tersebut yaitu Wakil Rektor I Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, Sekertaris Universitas Ir. Nafi Ananda Utama, M.S, dan Kepala Kantor Kerja Sama Internasional Tony K Hariadi ST., MT. Dalam pelaksanaan tersebut hanya UMY dan Universitas Surabaya (UBAYA) yang bisa turut berpatisipasi dari perwakilan Indonesia.

Saat ditemui di kantornya, Senin (8/12) Tony K Hariadi mengatakan, dalam pelaksanaan AUAP di Iran tersebut, bukan hanya universitas dari Indonesia saja yang datang. Tapi juga dari 40 universitas lain yang juga ikut menjadi member dari AUAP. “Dalam pelaksanaan AUAP di Iran, dari Indonesi hanya ada dua yaitu UMY dan Universitas Surabaya. Tapi juga turut dihadiri 100 peserta dari 40 Universitas yang menjadi member AUAP,” ungkapnya.
Tony juga menjelaskan, selain kegiatan besar dalam AUAP itu sendiri UMY juga memanfaatkan kesempatan untuk melaksanakan penandatanganan MoU dengan lima Universitas, antara lain yaitu University of Tehran, Alzahra University, Tehran Institute of Technology, Universitas Our Lady of Fatima Filipina, dan University of the Cordilleras Filipina. “Penandatangan MoU yang dilaksanakan dengan lima Universitas tersebut masih berkaitan tentang akademik. Misalnya student mobility, staff exchange, riset dan lain-lain,” jelasnya lagi.

Dalam konferensi AUAP kesebelas di University of Tehran ini, agenda yang dijalankan menurut Tony juga bukan hanya agenda seminar saja. Akan tetapi juga ada pergantian pengurus AUAP. “Dalam pergantian pengurus tersebut Dr. Shawn Chen dari Sias International University terpilih menjadi president yang sebelumnya diduduki oleh Universitas Kebangsaan Malaysia. Dan dari sana pula, Rektor UMY terpilih menjadi salah satu board membernya,” ujarnya.