UMY Terima Kunjungan Gubernur Prefektur Yamanashi Jepang

Desember 21, 2017 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai kampus “Muda Mendunia” terus konsisten dan komitmen dalam mengembangkan kualitas pendidikan untuk mencapai reputasi internasional. Dengan adanya komitmen tersebut UMY dipercayai sebagai tuan rumah dalam acara Public Lecture oleh Gubernur Prefektur Yamanashi Japan yaitu Mr. Hitoshi Goto pada Rabu (21/12) di Ruang Sidang Gedung Ar. Fachruddin B, Kampus Terpadu UMY. Acara tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral antara UMY dan Yamanashi dengan berdiskusi tentang pendidikan, parawisata, dan kebudayaan yang ada di Jepang.

Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. selaku Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Internasional UMY menyampaikan bahwa suatu kebanggaan bisa menerima kunjungan dari Perfecture Yamanashi Jepang sekaligus berdiskusi khususnya di bidang pendidikan tinggi. “Kesempatan ini merupakan salah satu upaya dalam mempererat kerja sama secara berkelanjutan baik pertukaran mahasiswa, dosen, karyawan dan penelitian. Tentunya peran mahasiswa dan dosen sangat sentral dalam pengembangan universitas, terutama untuk mencapai reputasi internasional. Untuk itu salah satu cara untuk mencapai reputasi tersebut adalah dengan meningkatkan kerjasama dan mobilitas ke universitas di luar negeri, salah satunya di universitas yang berada di Yamanashi Jepang. Ke depan pihak universitas akan menekankan seluruh Program Studi UMY untuk mempelajari Bahasa Jepang sebagai modal mahasiswa untuk melanjutkan studi maupun mencari pekerjaan di Jepang,” ujar Achmad.

Mr. Hitoshi Goto selaku Governor Of Yamanashi Japan (Gubernur Prefektur Yamanashi Jepang) mengungkapkan terimakasihnya kepada UMY dan mahasiswa atas kesediaannya menerima mereka dalam kunjungan ini. “Masyarakat Indonesia dan Japan harus bisa menjalin kerja sama dalam bidang kebudayaan, pendidikan, maupun parawisata. Saat ini kami memiliki hubungan birateral hanya antar pemerintahan saja akan tetapi antara masyarakat Japan khususnya Yamanashi dan Indonesia ingin lebih dikembangkan lagi terutama pada bidang pendidikan dan pekerjaan. Saya menyarankan kepada seluruh mahasiswa UMY untuk tidak hanya mencari ilmu di dalam negeri saja akan tetapi anda perlu menambah wawasan tentang dunia dengan cara mobilitas ke luar negeri,” papar Hitoshi.

Kembali ditambahkan Hitoshi, bahwa sekarang jamannya anak muda untuk memiliki kemampuan diri secara spesifik dan aktif dalam berinovasi. “Di Yamanashi ada beberapa universitas yang bisa menjadi rekomendasi bagi anda untuk kuliah musiman selama enam bulan. Hal ini akan kami bicarakan lebih lanjut dengan pihak UMY agar pertukaran pelajar antar universitas di Yamanashi bisa terlaksana. Bagi saya pribadi, pendidikan sangat penting karena hal tersebut menjadi modal dalam mendapatkan pekerjaan yang baik dan cara berfikir yang bijak. Karena itu anda harus mengupayakan untuk menambah wawasan melalui pendidikan dan menggali ilmu di luar kampus. Karena di Jepang khususnya wilayah Yamanashi untuk mendapatkan pekerjaan harus memiliki sertifikasi yang setara sehingga tidak ada kesenjangan antar karyawan,” imbuhnya.

lebih lanjut Hitoshi menjelaskan bahwa di Yamanashi sedang gencar mengembangakan bidang pertanian. “Di Yamanashi sendiri pertanian sangat berkembang pesat karena sebagian besar wilayah kami 80 persen adalah hutan. Pada bidang pertanian hasil pertanian yang paling banyak kami dapatkan itu dari Buah Anggur dengan capaian 23 persen, Buah Peach (Persik) 31 persen, dan Buah Plum 34 persen. Buah-buahan tersebut murni adalah hasil dari para petani Jepang. Oleh karena itu bagi mahasiswa yang tertatarik untuk meneliti pertanian di Jepang, kami sangat terbuka untuk anda yang ingin mengembangkan ilmu pada bidang pertanian,” tutupnya (Sumali)