UMY Terima Kunjungan Dari UIN AR-Raniry Aceh

Agustus 14, 2019 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai kampus yang memiliki akreditasi A menerima kunjungan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Aceh. Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Rabu (14/8) di Gedung AR Fakhruddin A tersebut dalam rangka berdiskusi terkait kegiatan kemahasiwaan dan tawaran kerjasama akademik dari UIN Ar-Raniry Aceh.

Rektor UMY, Dr.Ir.Gunawan Budiyanto, M.P menyambut baik kedatangan perwakilan dari UIN Ar-Raniry Aceh dan menyampaikan bahwa UMY terbuka lebar untuk berdiskusi terkait perkembangan akademik. ”Kami dari UMY terbuka lebar untuk saling berdiskusi terkait perkembangan akademik kemahasiswaan yang sudah dilakukan di UMY dan setelahnya lebih lanjut didiskusikan terkait kerjasama akademik antara UIN Ar-Raniry Aceh dan UMY,” sambut Gunawan.

Selanjutnya, Kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Luar Negeri, Eko Priyo Purnomo, M.Si., M.Res., Ph.D menjelaskan tentang adanya program visiting fellowship bagi dosen asing untuk mengajar di UMY. “Di UMY memiliki 7 kelas Internasional, yaitu IPIREL untuk Prodi Hubungan Intersional, IGOV untuk Prodi Ilmu Pemerintahan, IPOLS untuk Prodi Ilmu Hukum, IPIEF untuk Prodi Ilmu Ekonomi, IPACC untuk Prodi Akutansi, IMaBs untuk Prodi Ilmu Manajemen, IPICOM untuk Prodi Komunikasi Konseling Islam. Dari adanya kelas internasional kami membuka bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan exchange program dan mengundang dosen dari universitas luar negeri untuk mengajar di kelas internasional. Ini juga didasari adanya bentuk kerjasama antara UMY dengan mitra universitas luar negeri dengan menandatanagi MOU,” papar Eko.

Kemudian dijelaskan juga bahwa untuk kegiatan akademik yang dilakukan oleh UMY seperti silaturahmi orang tua/wali mahasiswa baru sebagai tahap awal komunikasi dalam memperkenalkan kegiatan perkuliahan yang akan dilakukan mahasiswa baru, seperti akses log in krs untuk orang tua. ”Kami mengadakan silaturahmi orang tua/wali mahasiswa baru sebagai bentuk sosialisasi orang tua terkait regulasi akademik salah satunya adanya akses orang tua untuk memantau nilai anaknya selama perkuliahan,” imbuh Eko.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Aceh, Dr.Saifullah, S.Ag., M.Ag menyampaikan bahwa adanya kunjungan yang dilakukan antara UIN Ar-Raniry Aceh dan UMY tidak sekadar pertemuan diskusi namun juga ada keberlanjutan kerjasama akademik. ”Semoga pertemuan kali ini tidak hanya sekadar diskusi saja namun bisa berlanjut dengan kerjasama, seperti adanya riset kolaboratif dengan dosen-dosen UMY dan saya harap alumni UIN Ar-Raniry Aceh mendapatkan akses untuk melanjutkan studi di UMY,” tutup Saifullah. (sofia)