UMY Teken Nota Kesepahaman Dengan ADPHI

September 7, 2017 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus meningkatkan kualitas pendidikannya dengan memperluas kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri. Pada Kamis (7/9) bertempat di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP selaku rektor UMY telah menyepakati Nota Kesepahaman serta perjanjian kerjasama, dengan Asosiasi Dosen Perbandingan Hukum Indonesia (ADPHI). Penandatangan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan langsung oleh Prof. Dr. Topo Santoso, S.H., M.H. selaku ketua ADPHI, sementara dari pihak UMY sendiri langsung ditandatangani oleh Rektor UMY.

Dr. Ir. Gunawan Budiyanto selaku rektor UMY menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kerja sama tersebut merupakan langkah yang baik antara kedua belah pihak terutama dalam pengembangan publikasi jurnal maupun peningkatan kulitas dosen-dosen hukum UMY. “Saya mengapresiasi bentuk kerja sama ini karena kedepannya saya mengharapkan dosen Fakultas Hukum bisa menggunakan kesempatan baik ini untuk ajang diskusi dan bertukar pengalaman baik pada bidang pendidikan, penelitian maupun publikasi ilmiah,” ujar Gunawan.

Hal senada disampaikan Prof. Dr. Topo Santoso, S.H., M.H. selaku ketua ADPHI bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari Konferensi Asosiasi Dosen Perbandingan Hukum Indonesia April lalu di Universitas Airlangga (Unair). “Saya beryukur bisa bekerjasama dengan pihak UMY, karena dukungan dari pihak perguruan tinggi sangat berperan terhadap kemajuan ADPHI. Untuk itu, ADPHI ini akan menjadi wadah bagi para cendikiawan hukum Indonesia untuk bertukar pikiran dan mengembangkan keilmuan hukum. Khususnya pada diseminasi perbandingan hukum ADPHI yang fokus pada pengembangan kurikulum perbandingan hukum, di seluruh jenjang perguruan tinggi se-Indonesia,” papar Topo.

Pada perjanjian kerjasama dan nota kesepahaman yang baru pertama kali terjalin tersebut, kedua belah pihak berupaya untuk mengembangakan kurikulum perbandingan hukum, publikasi jurnal, dan ilmiah (paper). Untuk itu keduanya juga bersepakat konferensi ADPHI selanjutnya akan dilaksanakan di UMY April 2018 mendatang. (Sumali)