UMY Teken MoU dan MoA dengan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

Maret 24, 2017 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus meningkatkan kualitas pendidikannya dengan memperluas kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri. Pada Jum’at (24/3) bertempat di Ruang Sidang AR Fachruddin A lantai 5, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto selaku rektor UMY telah menyepakati nota kesepahaman (MoU) serta perjanjian kerjasama (MoA), dengan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA). Kedua perjanjian dari pihak STTA tersebut ditandatangani oleh Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono, M.Sc., selaku ketua STTA, sementara dari pihak UMY sendiri langsung ditandatangani oleh Rektor.

Berdasarkan Nota Kesepahaman Nomor: 466/C.6-VIII/III/2017, kedua pihak bermufakat untuk mengadakan kerjasama dalam Pengembangan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam hal ini kedua pihak menyepakati tentang kerjasama terkait pengembangan pendidikan berupa penyelenggaraan kuliah melalui sistem pembelajaran daring Indonesia.

STTA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bernuansa kedirgantaraan, yang turut mengembangkan dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga kerjasama di kedua pihak tersebut menjadi langkah baik dalam pengembangan pendidikan di UMY. “Semoga ini menjadi langkah baru bagi UMY untuk mengembangkan e-learning. Kerjasama ini diharapkan semakin erat untuk peningkatan akademik, dan semoga ini menjadi awal dari peningkatan kualitas kedua pihak,” ujar Dr. Gunawan, saat menyampaikan sambutan MoU dan MoA.

Pada kedua perjanjian kerjasama dan nota kesepahaman yang baru pertama kali terjalin tersebut, kedua institusi berupaya untuk mengembangkan pendidikan, dan diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran dengan penggunaan e-learning. Sementara pada nota kesepahaman, selain kerjasama pengembangan pendidikan, keduanya juga menyepakati untuk mengembangkan penelitian, baik dosen maupun mahasiswa. (hv)