UMY Tandatangani Kolaborasi Dengan Finland University

Oktober 30, 2017 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) konsisten dengan komitmen yang dimilikinya, untuk selalu meningkatkan kualitas dari pendidikan yang diberikan kepada civitas akademikanya. Dengan komitmen tersebut UMY kembali mengadakan kerjasama antar institusi yang kali ini dilakukan dengan Finland University (FinUni). Hal tersebut merupakan bentuk aplikatif dari UMY sebagai kampus “Muda Mendunia” yang menuju World Class University. Pada kesempatan ini kedua belah pihak melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) di Ruang Sidang Rektorat, Gedung Ar. Fachruddin A, Kampus Terpadu UMY pada hari Senin (30/10).

FinUni merupakan institusi yang memayungi 4 universitas yang berbeda yaitu, Åbo Akademi University; University of Eastern Finland; University of Tampere; dan University of Turku. Pasi Kaskinen selaku Excecutive Vice President yang menjadi delegasi dari FinUni menyampaikan bahwa bekerjasama dengan memanfaatkan keunggulan masing-masing merupakan hal yang sangat baik. “Masing-masing institusi memiliki keunggulan yang menonjol dan saya kira untuk memanfaatkan hal tersebut demi keuntungan bersama adalah tindakan yang tepat. Saya kira dengan kerjasama ini kita dapat semakin maju bersama,” ujar Pasi.

Misalnya keunggulan pada sistem pendidikan yang dimiliki oleh Finlandia, dimana hal tersebut memang dinilai baik oleh dunia internasional. “Menurut PISA (Programme for International Student Assessment) yang melakukan survei pada anak tingkat sekolah menengah, Finlandia termasuk kategori negara yang memiliki sistem pendidikan yang dinilai baik. Pencapaian ini sangat didukung oleh kualitas guru yang memberikan pengajaran di sekolah-sekolah Finlandia. Ada banyak sekali mahasiswa yang berminat menjadi guru. Untuk menghasilkan output yang diharapkan para mahasiswa dididik bukan hanya dengan penguasaan materi, namun juga dengan memberikan seni pengajaran yang baik. Agar para mahasiswa mampu mencurahkan segenap hati dan pikirannya untuk mengajar. Bahkan banyak universitas di Finlandia memiliki Teacher Training School, sehingga para mahasiswa yang ingin menjadi guru sudah berlatih untuk mengajar sejak hari pertama mereka masuk ke universitas,” papar Pasi melanjutkan.

Dr. Suryanto selaku Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) UMY juga menyebutkan kolaborasi ini merupakan kesempatan yang baik. “Sistem pendidikan yang dimiliki Finlandia termasuk salah satu yang terbaik. Kita dari FPB akan menyambut baik tawaran kolaborasi ini. Kerjasama yang akan kita lakukan dapat berupa penelitian bersama, pertukaran pelajar, ataupun konsultasi edukasi, serta proyek bersama lainnya yang akan ditentukan setelah masing-masing perwakilan dari institusi yang dibawahi oleh FinUni datang ke UMY,” ungkapnya. (raditia)

Sharing is caring!