UMY Tanda Tangani MoU dengan USIM

Desember 9, 2014 oleh : BHP UMY

Prof. Dr. Bambang Cipto, MA (Rektor UMY) dan Y.Bhg. Prof. Dato’. Dr. Musa Ahmad (Rektor USIM) saat prosesi penandatanganan MoU

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang memiliki tagline “Muda Mendunia”, terus menggalakkan kerjasama dengan institusi-institusi pendidikan baik dalam maupun luar negeri. Hal ini juga sebagai wujud komitmen UMY yang ingin menjadi kampus Go International. Dan kerjasama terbaru yang dilakukan UMY adalah kerjasama dengan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM).

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU)/kerjasama antara UMY dan USIM dilakukan langsung oleh Rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto, MA dan Rektor USIM, Y. Bhg.,Prof. Dato’. Dr. Musa Ahmad. Bertempat di Ruang sidang Rektor Kampus Terpadu UMY, pada Selasa (9/12), kedua universitas ini sepakat menandatangani kerjasama dalam hal akademik, seperti penelitian, pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh UMY atau USIM dengan melibatkan mahasiswa, dosen atau staf dari kedua universitas, student exchange, maupun staff exchange.

Y.Bhg, Prof. Dato’. Dr. Musa Ahmad mengatakan, bahwa sebenarnya sebelum USIM mengadakan kerjasama secara resmi dalam bentuk penandatangan MoU tersebut, pihaknya juga sudah beberapa kali mengadakan student exchange ke UMY. Begitu pula sebaliknya dengan UMY. “Kemarin mahasiswa dari UMY baru saja berkunjung ke universitas kami. Jadi sebelum ada MoU ini kunjungan antar mahasiswa UMY dengan USIM sudah dimulai terlebih dulu,” ungkapnya. Hal itu pun kemudian menjadi modal awal bagi USIM untuk bisa meningkatkan kerjasama dengan UMY.

Dato’. Dr. Musa juga mengharapkan agar MoU yang sudah ditandatangani tersebut tidak hanya berlaku dalam masa satu tahun yang akan datang. Tapi bisa diperpanjang dan ditingkatkan lagi untuk lebih mengikat kerjasama antara USIM dengan UMY. “Kami harap kerjasama ini bisa lebih diperpanjang lagi. Dan kepada Rektor UMY, saya pribadi berharap adanya kerjasama ini bisa lebih mengikat hubungan antara UMY dengan USIM,” ujarnya.

Rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto pun menyambut baik niat USIM untuk bekerjasama dengan UMY. ‚ÄčKarena hal ini tentunya juga mendukung Tri Dharma perguruan tinggi, serta keinginan UMY untuk menjadi kampus yang Go International. Prof. Bambang juga berharap kerjasama tersebut bisa berjalan dengan baik dan bisa ditingkatkan lagi dalam bidang lainnya.