UMY Silaturahmi Dengan Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru Periode 2018-2019

Agustus 24, 2018 oleh : BHP UMY

Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru tahun akademik 2018-2019, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan silaturahim dengan orang tua/wali mahasiswa baru pada hari Jumat (24/8) di Sportorium. Acara yang dihadiri kurang lebih 3500 orang tua/wali mahasiswa baru ini memiliki tujuan untuk mempererat hubungan antara pihak universitas dan orang tua/wali mahasiswa baru, serta pengenalan lingkungan kampus UMY.

Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P dalam sambutannya mengucapkan selamat datang serta ucapan terima kasih kepada orang tua/wali yang telah mempercayai UMY sebagai tempat menuntut ilmu untuk putra/putrinya. “Selamat datang di kampus Unggul dan Islami, Muda Mendunia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan iringan rasa terima kasih yang tiada terhingga kepada bapak/ibu yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk ikut serta mendidik putra/putri yang kita cintai bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Gunawan meyakinkan kepada orang tua/wali bahwa UMY selalu bertekad untuk memperbaharui dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, dalam rangka ikut serta mencerdaskan dan menyiapkan generasi muda Indonesia. Sehingga dari komitmen yang coba ditonjolkan oleh UMY tersebut, UMY kembali mendapat kepercayaan dari masyarakat dengan menerima 5374 mahasiswa baru dari 32.927 yang mendaftar di tahun ini. Tak hanya itu, UMY juga sukses mempertahankan dan meningkatkan nilai akreditasi A.

Acara silaturahim ini pun menjadi momen yang sangat membahagiakan menurut Gunawan, karena bisa meningkatkan kualitas proses balajar mengajar. “Silaturahim pada pagi ini menjadi momen yang sangat membahagiakan, karena dalam situasi yang seperti inilah kita akan mendapat masukan. Bisa mendapatkan apa kemauan orang tua/wali mahasiswa dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar.”

Gunawan juga menjelaskan arti dari visi UMY yakni Unggul dan Islami. “Kita persingkat dari visi panjang UMY yaitu menjadi sebuah universitas yang unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat,” imbuhnya.

Sementara untuk mencapai visi tersebut, Gunawan menyebut ada lima misi yang harus dijalankan. Yang pertama berperan sebagai pusat pengembangan Muhamadiyah untuk mensejahterakan dan mencerdaskan umat. Kedua, mendukung pengembangan Yogyakarta sebagai wilayah yang menghargai keberagaman budaya. Ketiga, menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengembangan masyarakat secara profesional. Keempat, mengembangkan peserta didik agar menjadi lulusan yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia. Yang terakhir peserta didik berwawasan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, dalam acara ini orang tua/wali mahasiswa juga dikenalkan pada KRS Online. Hal itu agar mereka para orang tua bisa memonitori aliran dana atau deposit uang yang dibayarkan ke UMY melalui website. Ada juga pengenalan program baru berupa UMY Sehat yang akan dilakukan dua kali dalam satu bulan. (Habibi)