UMY Siap Sambut Peserta KOMURINDO Dan KOMBAT

Agustus 11, 2014 oleh : BHP UMY

komurindo-kombat-logo

Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (KOMURINDO) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (KOMBAT) tahun 2014 yang diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai tuan rumah akan dilaksanakan pada 13 – 16 Agustus 2014 mendatang. Selain mengalami pengunduran jadwal, pelaksanaan KOMURINDO dan KOMBAT mengalami perubahan lokasi peluncuran roket dan balon udara yang semula dilakukan di Pantai Depok Yogyakarta menjadi di Dislitbang TNI AD, Pantai Bocor Kebumen Jawa Tengah. Keputusan pemindahan lokasi peluncuran roket ini adalah hasil koordinasi dan kerjasama pihak panitia yang terdiri dari DIKTI, LAPAN dan UMY dengan TNI AU, Dislitbang TNI AD, dan Pemerintah Daerah Kebumen.

Dengan perubahan tersebut, pelaksanaan KOMURINDO dan KOMBAT 2014 akan dilaksanakan di 2 tempat sekaligus yaitu yakni di Lapangan Bola UMY sebagai lokasi uji fungsi alat yang akan dikompetisikan. Sedangkan untuk pelaksanaan uji peluncuran akan dilaksanakan di Lapangan Tembak Dislitbang TNI AD, Pantai Bocor, Kebumen Jawa Tengah.

Slamet Riyadi, M.Sc., PhD selaku Ketua Panitia menyatakan kesiapan panitia baik dari segi persiapan lokasi, pelaksanaan, akomodasi, publikasi, dan pengamanan. Bahkan sebelum pelaksanaan lomba, tim panitia telah melaksanakan workshop pembekalan untuk setiap peserta lomba pada tanggal 15 April 2014 di Ruang Sidang AR Fachruddin B lantai 5 UMY. “Alhamdulillah, semua persiapan kompetisi sudah siap. Mulai dari persiapan peralatan untuk uji fungsi alat di UMY, maupun perizinan, peralatan dan pengamanan sepanjang kompetisi di Kebumen, semua sudah disiapkan oleh panitia,” paparnya saat diwawancarai di Biro Humas pada Jumat (9/8).

Slamet juga menyampaikan bahwa jumlah peserta lomba KOMURINDO setiap tahun mengalami peningkatan, bahkan tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan. Sementara KOMBAT yang baru pertama kali dilaksanakan, telah mampu menyedot animo peserta dari berbagai perguruan tinggi. Hal inilah yang menjadikan perhelatan tahun ini menjadi sangat spesial. “Jumlah peserta untuk KOMURINDO ada 76 tim yang terdiri dari 3 peserta dan 1 dosen sebagai pembimbing sedangkan untuk KOMBAT ada 16 tim yang terdiri dari 3 peserta dan 1 dosen sebagai pembimbing, jadi total keseluruhan peserta sejumlah 360 peserta.”

Untuk itu tim panitia telah menyiapkan 3 titik penjemputan peserta yakni di Bandara Adisucipto, Terminal Giwangan dan Stasiun Tugu Yogya untuk memudahkan akomodasi para peserta serta pembimbingnya selama berada di Yogya maupun di Kebumen. “Setelah tiba di lokasi nanti peserta akan melakukan registrasi ulang di University Residence (Unires) Utara dan nanti peserta juga akan mendapatkan kit yang berisi buku panduan, jadwal, baju, dan alat tulis,” jelas Slamet Riyadi.

Di tempat yang berbeda, pimpinan UMY menyampaikan harapan agar penyelenggaraan KOMURINDO dan KOMBAT 2014 dapat berjalan dengan lancar, tertib dan sesuai dengan rencana. Hal tersebut disampaikan oleh Sri Atmaja P. Rosyidi, S.T.,M.Sc., Eng, Ph.D., PE, Wakil Rektor bidang III UMY. “ Pimpinan UMY berharap perhelatan ini dapat berjalan lancar, tertib dan berjalan sesuai rencana. Dan tentu saja meningkatkan minat masyarakat khususnya mahasiswa di bidang kedirgantaraan”

Sharing is caring!