UMY Selenggarakan Festival CERDAS Bagi Santri TPA

Juli 30, 2012 oleh : BHP UMY

Dalam rangka memeriahkan Ramadhan ke 1433 H Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan festival Ceria Ramadhan Anak Soleh (CERDAS). Festival CERDAS ini diikuti sebanyak 221 santri TPA usia tiga sampai dua belas tahun yang berada di wilayah Kasihan Bantul. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari agenda Ramadhan Di Kampus (RDK) yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY.

Demikian disampaiakan oleh Hendri Okarisman penanggung jawab Festival CERDAS saat ditemui usai acara yang diselenggarakan di Masjid KH. Ahmad Dahlan Kampus Terpadu UMY, Minggu (29/7) sore.

Menurut Hendri, festival CERDAS ini melombakan empat jenis lomba antara lain lomba menggambar dan mewarnai, adzan, da’i cilik serta tahfidz. “Tahun ini lomba adzan menggantikan lombafashion islami. Lomba tahfidz juga tampil beda karena tahun ini dibagi menjadi 2 kelas, kelas A (3-5 tahun) dan kelas B (6-12 tahun)” ujarnya.

Hendri mengungkapkan pada lomba kali ini partisipasi dari masyarakat mengalami peningkatan, terbukti dengan jumlah peserta lomba yang naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. “Peserta terbanyak  terdapat pada lomba menggambar  sebanyak 107 peserta dan lomba mewarnai 31 peserta, sisanya tersebar diberbagai lomba lainnya” ungkapnya.

Lanjut Hendri, untuk  penentuan tim juri, salah satu syaratnya adalah tidak berasal dari TPA yang mengikuti lomba dan kami berusaha memilih juri yang netral dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. “Selain itu para juri  juga harus memiliki pengalaman menjadi juri di lomba-lomba semacam ini” tambahnya.

Adapun pemenang dari rangkaian lomba tersebut antara lain lomba menggambar diraih oleh Dewi Dayati santri TPA Khoirul Umi, lomba mewarnai oleh Luqyana Azaria Santri TPA Muad bin Jabal, lomba adzan oleh Zidan Isdan dari Condro Negaran, lomba da’i cilik Yusrika Finda dan lomba tahfidz kategori kelas A diraih Siti Syafi Zafira santri TPA Nurul Hudan dan kategori kelas B oleh Adnan santri TPA Asy Syakirin. Masing-masing pemenang lomba mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan.

Sementara itu ketua penyelenggara RDK UMY 1433 H berharap kegiatan dapat terus terlaksana setiap tahunnya. “Festival CERDAS ini sudah memasuki tahun kedua dan semoga akan terus terlaksana di bulan Ramadhan yang akan datang sehingga dapat memberikan manfaat kepada para santri TPA khususnya yang berada disekitar UMY” tandasnya.