UMY Resmikan Kantin Muda Mendunia

November 3, 2018 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meresmikan Kantin Muda Mendunia pada 3 November 2018 pukul 10.00 WIB. Segenap jajaran petinggi UMY menghadiri acara ini, begitu juga dengan pimpinan wilayah Muhammadiyah DIY, serta perwakilan dari mahasiswa UMY. Dalam acara ini sekaligus dilakukan Penyerahan Dana Kemandirian Ekonomi Berbasis PDM dan Launching BEDUKMAWA (Jual-Beli Produk Mahasiswa) yang diserahkan langsung oleh Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P.

Kantin Muda Mendunia ini menjadi Market Place ketiga yang terdapat di Kampus Terpadu UMY. Dua kantin sebelumnya yakni Plaza UMY Boga dan Kantin Unggul dan Islami. Ketiga kantin tersebut memiliki konsep yang berbeda-beda. Untuk kantin Muda Mendunia ini memiliki konsep Tropis Modern yang mana ini menjadi konsep ketiga di lingkungan UMY. Konsep Tropis Modern dibuat dengan pertimbangan untuk memberikan kenyamanan kepada mahasiswa dalam suasana akademis yang ada di UMY.

Kantin Muda Mendunia mulai dibangun pada 10 Maret 2018 dengan ditandai peletakan batu pertama. Dalam waktu kurang lebih 7 bulan, kantin ini dibangun dengan satu bangunan utama yang meliputi dapur atau tempat saji. Kemudian mahasiswa bisa menikmati hidangan di luaran bangunan utama yang terdiri dari lima gazebo tak bertingkat, dan satu gazebo bertingkat di sebelah selatan bangunan utama, serta terdapat tempat vip yang berkapasitas 20 orang. Kantin Muda Mendunia ini terletak di samping lapangan sepak bola UMY.

Adanya Kantin Muda Mendunia ini disambut baik oleh perwakilan Badan Pembina Harian (BPH) UMY Dr. Agung Danarto, M.Ag. “Yang pertama atas nama BPH tentu kami sangat berbangga dan mengapresiasi kinerja dari pimpinan Universitas. Dalam rangka untuk menyiapkan kampus kita sebagai Kampus Unggul dan Islami, Muda dan Mendunia. Saya kira jika memang ingin maju, kita harus didukung oleh SDM yang berkualitas, dan ini telah ada di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah,” kata Agung dalam sambutannya.

Terwujudnya Kantin Muda Mendunia juga menjadi bentuk realisasi dari hasil Muktamar Muhammadiyah Ke-47 di Makassar yang terdapat pada pilar ketiga yakni tentang kewirausahaan. Berdasarkan namanya kantin ini nantinya bisa menyajikan masakan dari luar negeri. “Kantin Muda Mendunia ini diharapkan menjadi wahana yang bertema. Jadi nanti ada atmosfer tematik dari aspek makanannya. Sehingga kita berharap nantinya kantin ini bisa sesuai dengan Internasional atmosfer Unggul dan Islami serta Muda Mendunia. Menu-menu dan tema makanannya juga sama. Selain itu, kami juga berharap kedepannya akan ada Japanese day, Korean day, Aussie day, jadi makanannya akan berhubungan dengan tema negara-negara itu,” ujar Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. selaku rektor UMY yang meresmikan dan menandatangani prasasti Kantin Muda Mendunia..

Gunawan juga menyerahkan dana kemandirian ekonomi sekaligus launching BEDUKMAWA dimana perwakilan mahasiswa mendapat voucher 150 ribu. Voucher tersebut nantinya bisa digunakan mahasiswa baru 2018 dan membelajankannya untuk membeli produk yang dijual oleh sesama mahasiswa. Jika selama periode yang ditentukan voucher tersebut tidak digunakan, maka akan hangus atau tidak bisa dipakai lagi. (Habibi)