UMY Raih “Sinta Award 2018” dari RISTEKDIKTI

Juli 26, 2018 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menorekan prestasi di bidang akademik. Baru – baru ini Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) memberikan penghargaan yang bernama “Sinta Awards 2018”. Penghargaan ini diberikan kepada UMY dan salah satu tenaga pengajarnya karena memiliki riset ilmiah yang cukup banyak.

Scince and Technology Index yang disingkat menjadi SINTA merupakan portal pusat indeks ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi kekayaan intelektual beserta dampaknya (sitasi), pengabdian kepada masyarakat, dan kepakaran di Indonesia. Sinta merupakan program yang digalakkan oleh Ristekdikti.

Wini Setya Nugroho, Ph.D yang merupakan penanggung jawab Sinta di UMY menjelaskan saat diwawancarai di ruang Biro Sarana Informasi gedung Ar. Fachrudin B. pada Kamis (5/7) bahwa UMY berhasil menduduki peringkat 5 besar sebagai perguruan tinggi swasta yang aktif menghasilkan riset ilmiah. Score yang berhasil dikumpulkan UMY sebanyak 259, terhitung mulai dari tahun 2016 sampai 2018. Selain itu, score keseluruhan yang berhasil didapat UMY sebanyak 2024.

“UMY berhasil mendapatkan penghargaan Sinta Awards 2018 dari Ristekdikti dengan menduduki peringkat 4 untuk kategori perguruan tinggi swasta se-Indonesia. Score yang kami dapat juga cukup membanggakan,” ujarnya.

Selain itu, Dr. Ramadoni Syahputra, S.T., M.T. yang merupakan Ketua Program Studi Teknik Elektro turut mendapatkan penghargaan Sinta Awards 2018 pada kategori penulis yang berasal dari perguruan tinggi swasta. Ramadoni berhasil menghasikan banyak riset ilmiah dan score yang didapatkannya sebanyak 22.41 terhitung sejak tahun 2016 sampai 2018.

Pada akhir wawancara, Wini mengutarakan harapannya bahwa predikat yang sudah didapat oleh UMY harus selalu dijaga dan ditingkatkan. Dengan cara para tenaga pendidik yang ada di UMY selalu menghasilkan riset ilmiah yang baik.

“Harapan saya untuk kedepannya, dosen – dosen UMY bisa terpacu untuk mengasilakan riset – riset ilmiah terbaiknya. Dengan itu, kampus ini akan bisa mempertahankan serta meningkatkan prestasi,” tutupnya. (ak)