UMY Persiapkan Mahasiswa Student Exchange

Juni 7, 2018 oleh : BHP UMY

Senin (4/6) International Relation and Cooperation Office Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IRO UMY) mengadakan acara pra keberangkatan dan student gathering bertempat di Gedung Pascasarjana lantai 4 UMY. Acara ini merupakan salah satu agenda masa orientasi untuk mahasiswa/i UMY yang akan mengikuti program pertukaran pelajar. Acara ini juga dihadiri oleh 31 mahasiswa asing UMY yang melakukan diskusi bersama para mahasiswa. Sementara mahasiswa/i terpilih yang akan mengikuti program pertukaran pelajar tahun ini berjumlah 74 mahasiswa dan berasal dari berbagai fakultas di UMY.

Acara yang dimulai oleh sambutan dari Kepala Urusan Kerjasama, Lembaga Kerjasama UMY dr Farindira Vesti, M.Sc, dalam sambutanya menyampaikan beberapa hal penting yang harus dilengkapi oleh mahaiswa sebelum keberangkata. Seperti mengumpulkan Letter of Acceptance (LoA), surat test kesehatan, sudah memperoleh visa, memiliki asuransi, terus berhubungan dengan staff universitas yang bekerjasama untuk pertukaran pelajar, dan membeli tiket pesawat. Selain itu Farindira juga menyampaikan sebelum para mahasiswa berangkat ke universitas tujuan mereka, meraka harus memperhatikan dan mempelajari izin pertukaran pelajar, kewajiban mereka selama melakukan pertukaran pelahar dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama pertukaran pelajar berlangsung.

74 mahasiswa yang hadir sebagai peserta pertukaran pelajar nantinya akan melakukan pertukaran pelajar di beberapa univeritas yang telah menjalin hubungan kerjasama dengan UMY seperti Universiti Utara Malaysia (Malaysia); Universiti Sains Malaysia (Malaysia); Maejo University (Thailand); Khon Kaen University (Thailand); SIAS University (Republic od China); Sun Moon University (Republic of Korea); National Cheng Khung University (Taiwan); ASIA University (Taiwan); De La Salle University (Philippine) dan lainya.

Selain itu, dalam acara ini juga diadakan sesi berbagi pengalaman (sharing sessions) antara mahasiswa yang akan melakukan pertukaran pelajar dengan mahasiswa asing yang menempuh jenjang kuliah di UMY. Dimulai dari cerita tentang pelangaman bagaimana awal mereka melakukan perkuliahan di UMY dan sebagainya, mereka juga mengakui bahwa UMY adalah kampus yang menarik dan merasa bangga dapat berkuliah di UMY. Acara ini kemudian diakhiri dengan buka puasa bersama yang menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa asing yang belum pernah melakukan buka puasa bersama di negara mereka. (pras)