UMY Lanjutkan Kerjasama dengan Khon Kaen University

Januari 5, 2015 oleh : BHP UMY

Setelah mengadakan kerjasama dengan Khon Kaen University selama hampir 10 tahun, UMY kini melanjutkan kembali kerjasamanya dengan salah satu universitas tertua di Thailand tersebut. Kerjasama yang lebih menitikberatkan pada pertukaran dosen, mahasiswa, kolaborasi riset, dan partisipasi seminar ini dikhususkan bagi mahasiswa strata 1 Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIPOL) dan mahasiswa pascasarjana Jusuf Kalla School of Government (JKSG) UMY dengan Faculty of Humanities and Social Sciences, Khon Kaen University.

Menurut Dekan FISIPOL UMY, Ali Muhammad, S.IP, MA., Ph.D, saat ditemui di Biro Humas UMY pada Kamis (31/12) mengatakan, kerjasama yang dilakukan juga terkait dengan pengadaan program kuliah khusus jangka pendek (transfer credit program). Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa FISIPOL khususnya program studi International Class of Governmental Study (IGOV) semester 3 atau 5 dan mahasiswa JKSG. “Program transfer credit program ini rencananya akan dilaksanakan antara bulan Januari atau Februari 2015. Selain mahasiswa IGOV, program ini juga untuk mahasiswa pascasarjana JKSG, di sana mereka nanti akan menjalani kuliah selama 1 semester di Faculty of Humanities and Social Sciences, Khon Kaen University,” ungkapnya.

Ali Muhammad juga menjelaskan bahwa kerjasama dengan Khon Kaen University dalam bidang pertukaran mahasiswa tersebut, baru pertama kalinya dilakukan. Sebab sebelumnya, UMY dan Khon Kaen University hanya melakukan pertukaran mahasiswa dari fakultas kedokteran. “Kerjasama itu sudah berjalan 10 tahun, dan baru kali ini kerjasamanya diperluas dengan melakukan pertukaran mahasiswa antara FISIPOL dan JKSG dengan Faculty of Humanities and Social Sciences,” jelasnya.

Mahasiswa yang nantinya terpilih dalam program transfer credit tersebut, lanjut Ali, akan digratiskan pembayaran SPP kuliahnya selama satu semester. Dengan begitu, mahasiswa tersebut hanya akan mengeluarkan biaya sendiri untuk biaya hidup, transport dan lain-lain. “Kami akan menanggung SPPnya. Jadi mereka hanya menyediakan biaya untuk biaya hidup, transport dan keperluan pribadi lainnya,” ujarnya.

Adapun penandatangan MoE kerjasama antara FISIPOL dan JKSG UMY dengan Faculty of Humanities and Social Sciences, Khon Kaen University ini telah dilakukan pada 24 Desember 2014, di Khon Kaen University. Penandatanganan MoE ini juga dilakukan langsung oleh Dekan FISIPOL UMY, Ali Muhammad, S.IP, MA., Ph.D, Direktur Pascasarjana UMY, Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc, dan Dekan Faculty of Humanities and Social Sciences, Khon Kaen University, Associate Professor Dr. Kulthida Tuamsuk.