UMY Kerjasama Dual Degree Dengan Flinders University

April 17, 2015 oleh : BHP UMY

Untuk kesekian kalinya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengadakan kerjasama dengan universitas di luar negeri. Kerjasama kali ini merupakan kerjasama lanjutan dalam program Dual Degree. Program Dual Degree periode 2015-2020 ini akan dilaksanakan bersama Flinders University, South Australia.

Dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan pada Selasa (14/4) di Flinders University, pihak UMY diwakili oleh Dr. Gunawan Budiyanto, MP (Wakil Rektor Bidang Akademik) dan pihak Flinders University diwakili oleh Professor Nancy Cromar (Vice Cancellor and Vice President – International). ​

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL) UMY, Dr. Ali Muhammad, saat ditemui pada Jum’at (17/4) mengatakan, MoU program Dual Degree tersebut memayungi program studi Ilmu Hubungan Internasional FISIPOL UMY dengan School of International Studies, Flinders University. Skema yang dibuat pada program ini adalah 3 plus 1. “Artinya, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UMY bisa bergabung dalam Dual Degree program ini dengan ketentuan tiga tahun di UMY dan 1 tahun atau dua semester belajar di School of International Studies, Flinders University dengan membayar penuh tuition fee. Setelah itu, mahasiswa akan kembali ke UMY untuk menyelesaikan skripsinya,” papar Ali yang juga turut hadir dalam penandatangan MoU di Flinders University.

Jadi, lanjut Ali lagi, program Dual Degree ini hanya bisa diikuti oleh mahasiswa HI UMY yang telah menempuh empat semester. Karena program Dual Degree tersebut akan ditempuh oleh mahasiswa pada semester lima dan enam. Barulah kemudian untuk semester tujuh dan delapan mahasiswa tersebut akan kembali ke UMY untuk menyelesaikan skripsinya. Program ini pun akan dimulai pada semester depan dengan cara mahasiswa yang sudah menempuh empat semester bisa mendaftarkan diri ke Prodi HI untuk mengikuti program Dual Degree tersebut. Namun, program ini hanya dikhususkan bagi​ mahasiswa HI kelas internasional (IPIREL/International Program of International Relations).

Ali juga mengatakan, dengan mengikuti program Dual Degree ini, mahasiswa akan mendapatkan gelar ganda setelah lulus, yakni SIP (Sarjana Ilmu Politik) dari UMY dan B. Int.St (Bachelor of International Studies) dari Flinders University. “Program Dual Degree ini tentunya menarik. Karena mahasiswa HI UMY nantinya bisa mendapatkan gelar B.Int.St​ dari Flinders University cukup dengan belajar di Flinders selama satu tahun atau dua semester saja,” jelasnya.

Dalam kesempatan penandatanganan MoU di Flinders University tersebut, turut hadir menyaksikan pula pimpinan dari pihak Flinders University, antara lain Professor Matt Taverner (Director, Partnership and Student Service); Professor Phyllis Tharenou (Executive Dean, Faculty of Social and Behavioral Sciences); Professor Martin Griffiths (Dean, School of International Studies); dan Dr Priyambudi Sulistyanto (Senior Lecture). Sementara dari pihak UMY hadir pula Dr Ali Muhammad selaku Dekan FISIPOL UMY.​