UMY Kembali Terima Mahasiswa Internship Luar Negeri

September 20, 2018 oleh : BHP UMY

Dalam rangka mendukung cita-citanya menjadi International Reputable University, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kerap kali mengadakan program pertukaran mahasiswa asing. Kali ini, UMY kembali menerima 2 mahasiswi internship dari salah satu universitas di luar negeri.

Kedua mahasiswi tersebut adalah Alice Consolaro yang berasal dari Italia dan Mariana Tapia dari Mexico, keduanya merupakan mahasiswi pascasarjana Eindhoven University of Technology (TU/e) Belanda. Ini juga bukan kali pertamanya TU/e mengirimkan mahasiswanya ke UMY. “Kami bisa melakukan internship di UMY karena mendapatkan saran dari supervisor kami. Sebab sebelumnya, kampus kami juga telah mengirimkan mahasiswa untuk melakukan internship di UMY. Jadi kami fikir ini merupakan hal yang tepat bagi kami untuk menjalankan program internship di sini,” ungkap Alice, saat ditemui di gedung Pascasarjana UMY, Kamis (20/9).

Dalam program internship kali ini, Alice dan Maria akan melakukan evaluasi terhadap Casindo Project yang merupakan program pengembangan kapasitas energo. Proyek tersebut bertujuan untuk membangun dan memperkuat kapasitas kelembagaan dan manusia untuk perumusan kebijakan energi. Pengembangan energi proyek-proyek terbarukan dan efisiensi energi, baik di tingkat nasional maupun regional. Proyek Casindo ini sudah dimulai sejak Juni 2009 hinggga 31 Desember 2011. “Saya dan Maria di sini akan mengevaluasi proyek tersebut yang nantinya hasil evaluasi tersebut akan menjadi data untuk laporan Internship kami,” jelas Alice lagi.

Selama 3 bulan kedepan selain di Yogyakarta yaitu di UMY, Alice dan Maria juga akan mengunjungi Semarang di Universitas Pangeran Diponegoro (UNDIP) dan Medan di Universitas Sumatera Utara (USU) untuk melakukan penelitian mereka tentang CASINDO Project. (Pras)