UMY Kembali Dapatkan Dana Erasmus+ untuk Pertukaran Mahasiswa dan Dosen

Oktober 8, 2019 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai satu-satunya universitas swasta di Yogyakarta kembali mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari Erasmus+ untuk bisa melanjutkan pertukaran mahasiswa dan dosen.

Dilansir dari Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional UMY bahwa UMY kembali mendapatkan dana dari Erasmus+ pada hari Jum’at (4/10). Erasmus+ memberikan dana Alianza 4 Universidades (A4U) sebesar 38.010,00 € untuk Indonesia pada periode 2020-2021. Dana tersebut yang nantinya akan digunakan untuk membantu melanjutkan pertukaran mahasiswa dan dosen antara 4 universitas anggota A4U (Universitat Autònoma de Barcelona, Universidad Autónoma deMadrid, Universidad Carlos III de Madrid dan Universitat Pompeu Fabra di Barcelona) dan 7 universitas mitra Indonesia termasuk UMY.

Bagi UMY dengan adanya kembali kesempatan ini bisa menjadi peluang untuk mengembangkan kerjasama dalam pengajaran dan penelitian, serta untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan jumlah mahasiswa dan dosen internasional.

Melalui program Erasmus+ ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan antar budaya sesuai negara yang dituju, meningkatkan kepercayaan diri serta mendapatkan pengalaman internasional yang membantu meningkatkan kualifikasi diri mahasiswa. Selain itu, bagi para dosen juga diharapkan mendapatkan kesempatan untuk melakukan penelitian di luar negeri, dapat membantu dosen yang sedang menempuh studi doktoral dan juga mendapat pengalaman langsung dari sistem pendidikan yang berbeda dari sebelumnya saat melakukan pertukaran di program Erasmus+. (Sofia)